Kompas.com - 05/09/2021, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Infeksi SARS-CoV-2 yang menyebabkan Covid-19 dapat menular selama sekitar 2 minggu, tetapi durasi pastinya bervariasi pada setiap.

Orang dengan infeksi dapat menginfeksi orang lain sebelum mereka mengembangkan gejala, bahkan jika mereka tidak mengalami gejala sama sekali.

Virus corona baru sangat menular. 

Virus ini menyebar melalui tetesan kecil atau kontak langsung dengan seseorang yang membawa infeksi.

Metode terbaik untuk mencegah penyebaran SARS-CoV-2 adalah dengan mengisolasi diri dan mengikuti semua pedoman pemerintah setelah kemungkinan infeksi.

Baca juga: Tips Bepergian Selama Pandemi Covid-19

Lalu kapan seseorang paling berpotensi menularkan virus tersebut?

Sebuah ulasan tahun 2020 berjudul "SARS-CoV-2, SARS-CoV, and MERS-CoV viral load dynamics, duration of viral shedding, and infectiousness: a systematic review and meta-analysis" mengatakan bahwa orang menularkan virus corona pada seminggu pertama.

Ulasan ini berdasarkan pada data dari 5.340 orang dengan infeksi SARS-CoV-2.

Studi ini menggunakan jumlah sel virus yang terdeteksi di saluran pernapasan bagian atas sebagai ukuran kasar tentang seberapa menularnya orang.

Studi tersebut menemukan bahwa SARS-CoV-2 menyebabkan periode infeksi puncak ini terjadi lebih awal daripada virus corona lain, seperti SARS-CoV dan MERS-CoV.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.