Kompas.com - 25/01/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Penyakit jantung merupakan sala satu pemicu kematian terbesar di dunia. Kabar baiknya, penyakit jantung bisa dicegah dengan cara yang mudah.

Berdasarkan data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) 2019 sekitar 17,9 juta orang meninggal karena penyakit jantung pada 2019.

Jumlah tersebut telah mencapai 32 persen dari total kematian di seluruh dunia.

Sebagian besar penyakit jantung dapat dicegah dengan mengatasi faktor risikonya. Karena itu, kita perlu memahami terlebih dahulu faktor risikonya.

Baca juga: Apakah Kerusakan Saraf Akibat Diabetes Bisa Disembuhkan?

Faktor Risiko Penyakit Jantung

Ada beberapa faktor yang bisa memicu penyakit jantung. Berikut faktor tersebut:

1. Obesitas

Indeks massa tubuh (BMI) di atas 30 membuat Anda berisiko terkena penyakit jantung.

"Sel-sel lemak dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular di masa depan dan masalah seperti tekanan darah tinggi dan gula darah,” ucap Laffin.

Jika Anda memiliki obesitas, Anda berisiko enam kali lebih mungkin terkena diabetes tipe 2 daripada mereka yang memiliki berat badan ideal.

Namun tidak semua orang dengan obesitas otomatis terkena diabetes. Ada faktor lain yang mempengaruhinya seperti genetik, pola makan, rutinitas olahraga, stres, dan kesehatan pencernaan.

2. Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi

Tubuh memiliki dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol HDL (high density lipoprotein) dan kolesterol LDL (low-density lipoprotein).

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.