Kompas.com - 19/02/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda merasa sangat stres sehingga Anda merasa mual atau bahkan muntah? Ternyata, mual akibat stres adalah hal yang nyata.

Disadari atau tidak, dampak fisik akibat stres itu adalah hal yang nyata.

Namun, apa kaitan antara stres dan mual? Menurut spesialis kedokteran keluarga Timothy Tramontana, stress membyat tubuh kita melepaskan banyak hormon untuk membantu kita menghadapi atau lari dari ancaman yang memicu stress tersebut.

Hal itu ternyata mempengaruhi semua sistem tubuh, termasuk pencernaan.

"Karena itu, saat seseorang mengalami stress atau cemas mereka juga rendan mengalami gangguan pencernaan seperti stress, mual, sakit perut, hingga muntah," tambah Tramontana.

Orang yang memiliki penyakit atau kondisi kesehatan tertentu juga rentan mengalami mual saat stres, misalnya penderita sindrom iritasi usus besar atau gangguan mental berupa depresi dan kecemasan.

Baca juga: 10 Khasiat Melati, Salah Satunya Meningkatkan Gairah Seksual

Bagaimana cara mencegahnya?

Stres dalam kehidupan memang tak bisa kita hindari. Akan tetapi, kita bisa melakukan pencegahan agar stres tersebut tidak berdampak besar pada kondisi fisik kita.

Untuk mencegah mual akibat stres, kita bisa melakukan hal berikut:

1. Olahraga

Aktivitas fisik seperti olahraga membantu meningkatkan suasana hati dan mencegah efek berbaha dari stres.

Jika Anda tidak terbiasa olahraga, Ana bisa mencoba aktivitas fisik ringan seperti dansa, berkebun, berenang, atau jalan cepat selama 30 menit dalam sehari.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.