Kompas.com - 18/04/2022, 04:34 WIB

KOMPAS.com - Hati adalah salah satu organ penting dalam tubuh yang mudah mengalami peradangan jika kita tidak merawatnya dengan baik.

Salah satu kondisi yang memicu peradangan di hati adalah hepatitis.

Hepatitis bisa sembuh sendiri atau justru berkembang menjadi fibrosis (jaringan parut), sirosis, dan kanker hati.

Jenis-jenis hepatitis

Penyakit hepatitis juga banyak jenisnya. Secara garis besar, WHO mengelompokan hepatitis menjadi 5 jenis. Berikut jenis-jenis penyakit hepatitis dan penyebabnya:

1. Hepatitis A

Penyakit ini disebabkan oleh virus hepatitis A. Virus hepatitis A (HAV) terdapat dalam tinja orang yang terinfeksi dan paling sering ditularkan melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi.

Praktik seks yang tidak aman juga dapat menyebarkan HAV. Infeksi hepatitis A biasanya bersifat ringan dan bisa sembuh total.

Namun, infeksi HAV juga bisa parah dan mengancam nyawa. Orang yang tinggal di lingkungan dengan sanitasi buruk sangat rentan mengalami penyakit ini.

Baca juga: Baju Baru Dicuci Sebelum Dipakai untuk Cegah Iritasi Kulit

2. Hepatitis B

Hepatitis B disebabkan oleh virus hepatitis B. Virus hepatitis B (HBV) ditularkan melalui paparan darah infektif, air mani, dan cairan tubuh lainnya.

HBV dapat ditularkan dari ibu yang terinfeksi ke bayi pada saat kelahiran atau dari anggota keluarga ke bayi pada masa kanak-kanak awal.

Penularan juga dapat terjadi melalui transfusi darah dan produk darah yang terkontaminasi HBV, suntikan yang terkontaminasi selama prosedur medis, dan melalui penggunaan narkoba suntikan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.