Kompas.com - 21/04/2022, 04:33 WIB

KOMPAS.com - Ikan adalah protein berkualitas tinggi rendah lemak. Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin seperti D dan B2 (riboflavin).

Sumber protein tersebut juga akan kalsium dan fosfor dan sumber mineral yang baik, seperti zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium.

The American Heart Association merekomendasikan kita agar mengonsumsi ikan setidaknya dua kali per minggu sebagai bagian dari diet sehat.

Makanan berprotein tersebut juga kaya akan vitamin, dan nutrisi yang dapat menurunkan tekanan darah serta membantu mengurangi risiko serangan jantung atau stroke.

Baca juga: Ciri Khas Demam Dengue dengan Penyakit Lainnya


Makan ikan sangat penting bagi tubuh karena menyediakan asam lemak omega-3. Tubuh kita tidak menghasilkan asam lemak omega-3 sehingga kita harus mendapatkannya melalui makanan yang kita konsumsi.

Hampir setiap jenis ikan mengandung omega 3. Namun, hanya ada beberapa jenis ikan yang mengandung omega 3 tinggi dan sedikit kandungan merkurinya.

Ikan terbaik

Menurut ahli diet Julia Zumpano, ada beberapa jenis ikan yang paling sehat untuk dikonsumsi. Berikut jenis ikan tersebut:

1. Ikan sarden

Menurut Zumpano, sarden adalah sumber asam lemak omega-3 yang murah. Dalam setiap 3 ons, sarden mengandung 2 gram omega-3.

Jenis ikan ini juga rendah merkuri sehingga aman dikonsumsi. Sarden juga mengandung sumber kalsium dan vitamin D yang bagus, sehingga bagus untuk kesehatan tulang.

“Karena ikan sarden lebih mungkin ditangkap secara berkelanjutan, mereka adalah pilihan yang aman untuk wanita hamil dan menyusui,” ucap Zumpano.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.