Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengatasi Suara Serak Akibat Radang Tenggorokan

Kompas.com - 20/04/2022, 19:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Radang tenggorokan bisa mengakibatkan gejala suara serak, nyeri saat menelan, tenggorokan gatal, atau terasa tidak nyaman.

Masalah kesehatan ini bisa jadi tanda peradangan pada laring atau kotak suara. Bagian tubuh ini terletak di saluran pernapasan bagian atas.

Sebelum mengenali beberapa cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan, kenali dulu penyebabnya.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Penyebab suara serak akibat radang tenggorokan

Dilansir dari National Institutes of Health, suara serak akibat radang tenggorokan kebanyakan disebabkan oleh:

  • Infeksi virus
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Paparan debu atau zat lain yang mengiritasi laring
  • Penyakit asam lambung kronis

Suara serak akibat radang tenggorokan karena infeksi virus biasanya bersifat akut atau muncul secara tiba-tiba dan bisa segera sembuh setelah infeksi reda.

Sedangkan suara serak akibat radang tenggorokan karena gaya hidup tidak sehat, alergi, atau penyakit asam lambung kronis biasanya terjadi berkepanjangan.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan

Cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan ini perlu disesuaikan akar penyebabnya. Berikut beberapa perawatannya:

  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena infeksi virus, penyakit biasanya bisa sembuh sendiri. Untuk mempercepat penyembuhan, dokter biasanya menyarankan penderita mengonsumsi obat anti-virus
  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena rokok, alkohol, atau alergi, dokter biasanya menganjurkan penderita menghindari pemicunya
  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena penyakit asam lambung kronis, kontrol produksi asam lambung dengan obat dan gaya hidup sehat
  • Untuk mempercepat penyembuhan, upayakan untuk minum banyak air putih
  • Cegah udara kering di rumah yang bisa memperburuk radang tenggorokan dengan menggunakan pelembap udara di rumah. Atau, mandi dengan air hangat agar tenggorokan lembap
  • Coba untuk banyak istirahat ketika suara serak radang tenggorokan kumat, untuk sementara upayakan tidak banyak bicara
  • Hindari menggunakan obat kumur berbasis alkohol, gunakan obat kumur alami dari larutan air garam secara berkala sampai tenggorokan terasa nyaman

Jika beragam cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan di atas sudah dijajal dan masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Terlebih jika kondisi ini sudah berlangsung lebih dari tiga minggu, disertai batuk darah, muncul benjolan di leher, nyeri saat menelan dan berbicara, atau kehilangan suara total selama beberapa hari.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan secara Alami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com