Kompas.com - 20/04/2022, 19:01 WIB

KOMPAS.com - Radang tenggorokan bisa mengakibatkan gejala suara serak, nyeri saat menelan, tenggorokan gatal, atau terasa tidak nyaman.

Masalah kesehatan ini bisa jadi tanda peradangan pada laring atau kotak suara. Bagian tubuh ini terletak di saluran pernapasan bagian atas.

Sebelum mengenali beberapa cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan, kenali dulu penyebabnya.

Baca juga: 10 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal dan Batuk

Penyebab suara serak akibat radang tenggorokan

Dilansir dari National Institutes of Health, suara serak akibat radang tenggorokan kebanyakan disebabkan oleh:

  • Infeksi virus
  • Kebiasaan merokok
  • Konsumsi alkohol berlebihan
  • Paparan debu atau zat lain yang mengiritasi laring
  • Penyakit asam lambung kronis

Suara serak akibat radang tenggorokan karena infeksi virus biasanya bersifat akut atau muncul secara tiba-tiba dan bisa segera sembuh setelah infeksi reda.

Sedangkan suara serak akibat radang tenggorokan karena gaya hidup tidak sehat, alergi, atau penyakit asam lambung kronis biasanya terjadi berkepanjangan.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan

Cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan ini perlu disesuaikan akar penyebabnya. Berikut beberapa perawatannya:

  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena infeksi virus, penyakit biasanya bisa sembuh sendiri. Untuk mempercepat penyembuhan, dokter biasanya menyarankan penderita mengonsumsi obat anti-virus
  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena rokok, alkohol, atau alergi, dokter biasanya menganjurkan penderita menghindari pemicunya
  • Jika penyebab suara serak radang tenggorokan karena penyakit asam lambung kronis, kontrol produksi asam lambung dengan obat dan gaya hidup sehat
  • Untuk mempercepat penyembuhan, upayakan untuk minum banyak air putih
  • Cegah udara kering di rumah yang bisa memperburuk radang tenggorokan dengan menggunakan pelembap udara di rumah. Atau, mandi dengan air hangat agar tenggorokan lembap
  • Coba untuk banyak istirahat ketika suara serak radang tenggorokan kumat, untuk sementara upayakan tidak banyak bicara
  • Hindari menggunakan obat kumur berbasis alkohol, gunakan obat kumur alami dari larutan air garam secara berkala sampai tenggorokan terasa nyaman

Jika beragam cara mengatasi suara serak akibat radang tenggorokan di atas sudah dijajal dan masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Terlebih jika kondisi ini sudah berlangsung lebih dari tiga minggu, disertai batuk darah, muncul benjolan di leher, nyeri saat menelan dan berbicara, atau kehilangan suara total selama beberapa hari.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Radang Tenggorokan secara Alami

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.