Kompas.com - 21/05/2022, 15:01 WIB

KOMPAS.com - Ketika mendapatkan diagnosis kanker payudara stadium 1, banyak di antara penderita waswas, apakah penyakitnya kemungkinan masih bisa sembuh?

Perlu diketahui, kanker payudara stadium 1 menunjukkan penyakit masih berkembang di tahap atau stadium awal.

Dilansir dari National Breast Cancer Foundation, pada stadium ini tumor ganas sudah terdeteksi di payudara.

Baca juga: Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal sampai Akhir

Namun, ukuran kanker kira-kira baru sebesar biji kacang atau kurang dari dua Centimeter dan penyakit belum menyebar ke kelenjar getah bening.

Atau, sudah ditemukan sel kanker yang menyebar di kelenjar getah bening, tapi ukurannya kurang dari sebutir beras (kurang dari dua Milimeter), dan penyakit belum menyerang organ lain di luar payudara.

Kanker payudara stadium 1, apa bisa sembuh?

Ketika terdeteksi sejak stadium awal, kanker payudara stadium 1 relatif mudah diobati dan peluang penyakit tidak kambuh lagi cukup tinggi.

Dikutip dari Indonesia Cancer Care Community, penderita kanker payudara stadium 1 yang diobati secara tepat bisa memiliki harapan hidup sangat panjang dan kanker bisa lebih dari 10 tahun bebas kambuh.

Saat ini, banyak penderita kanker payudara stadium awal yang telah menjalani pengobatan sampai tuntas dan selama 20 tahun penyakit kankernya tidak kambuh.

Prof Dr dr Ari F. Syam SpPD dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia menjelaskan, sebenarnya tidak ada istilah sembuh total untuk segala jenis penyakit kanker.

Istilah untuk menggambarkan tubuh penderita sudah bersih atau bebas dari kanker setelah menjalani perawatan medis adalah remisi atau relaps.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.