Kompas.com - 25/05/2022, 09:00 WIB

KOMPAS.com - Kasus hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak merebak dalam beberapa waktu terakhir.

Data Kementerian Kesehatan (Kemenkes) pada pemberitaan Kompas.com, Selasa (24/05/2022) hingga 23 Mei 2022 menunjukkan total ada 16 kasus dugaan hepatitis akut di Indonesia.

Sedangkan secara global, kasus hepatitis akut misterius ini sudah mencapai 600 lebih kasus.

Baca juga: Apa Penyebab Hepatitis Misterius? Ini Hipotesis Para Ahli

Kasus ini disebut misterius karena Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih belum mengetahui secara pasti penyebab terjadinya hepatitis atau peradangan liver.

Hal ini juga dijelaskan oleh dr Milka Inkiriwang, MARS, PhD selaku Kepala bidang Humas Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PP PDUI).

"Hepatitis akut berat (misterius) berarti infeksi hati yang belum diketahui pasti penyebabnya termasuk mekanisme ataupun patofisiologinya. Penyebab pastinya bisa dikatakan masih hipotesis (dalam investigasi)," ujar Milka di Jakarta, Senin (22/05/2022).

Sedangkan kasus hepatitis ini disebut akut karena infeksi yang terjadi secara tiba-tiba. Berbeda dengan penyakit kronis yang bertahan lebih lama sehingga infeksi dapat merusak hati atau liver.

Milka menjelaskan bahwa menurut Kemenkes RI dan Pusat Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit AS (CDC), hepatitis akut yang terjadi pada kasus yang terjadi belakangan merupakan infeksi hati yang memiliki sifat atau durasi perjalanan penyakit sekitar dua minggu hingga satu bulan.

Pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat

Penularan Hepatitis Akut diketahui dapat melalui saluran pernafasan dan saluran pencernaan, oleh karenanya Milka menekankan bila masyarakat harus menjalankan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Perilaku yang dimaksud Milka adalah seperti mencuci tangan, makan makanan matang dan bersih, serta jangan bergantian alat makan dan minum.

Baca juga: Apa yang Perlu Diketahui dari Kasus Hepatitis Misterius pada Anak?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.