Kompas.com - 24/05/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Banyak dokter dan para peneliti cukup kebingungan dengan hal yang menyebabkan anak-anak di seluruh dunia terjangkit hepatitis akut.

Para dokter anak di Pusat Hati Anak di Inggris berusaha menemukan penyebabnya dan mereka menemukan dugaan adanya hubungan dengan virus Corona, virus adenovirus, atau keduanya.

Melansir Science.org, teori bertentangan mulai muncul diantara peneliti tentang apa yang menyebabkan anak sehat tiba-tiba mengalami sakit kuning dan jatuh sakit parah dengan peradangan hati akut.

Baca juga: Apa yang Perlu Diketahui dari Kasus Hepatitis Misterius pada Anak?

Ada beberapa hipotesis yang menyatakan penyebab mengapa anak-anak dengan hepatitis akut yang misterius perlu dirawat di rumah sakit.

Adenovirus

Sebuah hipotesis menunjukkan bahwa kerusakan hati disebabkan oleh adenovirus.

Melansir artikel Kompas.com (12/05/2022), adenovirus adalah patogen umum pada masa kanak-kanak yang biasanya menyebabkan penyakit pernapasan dan dapat diobati dengan obat antivirus.

Respons Imun akibat SARS-CoV-2

Pendapat lain menunjukkan penyebabnya adalah respons imun yang jahat terhadap infeksi sebelumnya oleh SARS-CoV-2, yang dapat diobati dengan obat penekan kekebalan seperti steroid.

SARS-CoV-2 adalah virus yang menyebabkan penyakit pernapasan coronavirus 19 (COVID-19) berdasarkan National Cancer Institute.

Gabungan Adenovirus dan Respons Imun

Hipotesis ketiga yang diajukan merupakan gabungan dari kedua hipotesis.

Hipotesis ini menunjukkan bahwa infeksi adenovirus membentuk gabungan yang destruktif dengan SARS-CoV-2 yang membuat sistem kekebalan menjadi melemah di hati.

Baca juga: Update Hepatitis Akut: 4 Orang Bisa Sembuh

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.