Kompas.com - 29/05/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Salah satu cara untuk lansia menjaga kesehatan jantung adalah dengan olahraga ringan hingga sedang.

Badai Bhatara Tiksnadi, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah mengatakan bahwa semakin bertambah usia, manusia semakin memiliki faktor risiko penyakit jantung lebih tinggi.

Artinya, para lansia sangat rentan terkena penyakit jantung.

Di Indonesia, kategori lansia adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Baca juga: 3 Penyebab Serangan Jantung pada Pria yang Jarang Diketahui

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Penyakit jantung atau dikenal juga sebagai penyakit kardiovaskular merupakan penyebab kematian nomor 1 di dunia hingga saat ini.

"Riskesdas di Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4,6 persen," kata dr. Badai dalam konferensi pers virtual yang diadakan Entrasol untuk memperingati Hari Lanjut Usia Nasional pada Minggu (29/5/2022).

Menurut data WHO, tingkat kematian akibat penyakit jantung pada 2019 mencapai 17,9 juta orang atau setara dengan 32 persen tingkat kematian global.

Di Indonesia, penyakit jantung menjadi penyebab kematian terbesar dengan jumlahnya diperkirakan akan mencapai 6 juta orang pada 2024.

"Kunci agar terhindar dari penyakit jantung adalah perilaku hidup sehat, CERDIK, yaitu cek kesehatan teratur, enyahkan rokok, rajin olahraga, diet seimbang, istirahat cukup, dan kendalikan stress," papar dr. Badai.

Baca juga: 5 Gejala Serangan Jantung pada Pria

Rekomendasi olahraga

Antonius Andi Kurniawan, Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga mengatakan bahwa tetap aktif dan fit adalah hal penting untuk lansia menjaga kesehatan jantung dan massa otot.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.