Kompas.com - 02/07/2022, 14:00 WIB

KOMPAS.com - Kebanyakan wanita tidak menyadari beberapa gejala serangan jantung dan cenderung menahan rasa sakit yang mereka derita.

Melansir Medical News Today, wanita memiliki peluang lebih kecil selamat dari serangan jantung pertama mereka dibanding pria.

Hal ini dikarenakan gejala serangan jantung pada wanita bukanlah gejala klasik seperti nyeri hebat pada dada atau sesak napas, sehingga sulit dikenali.

Baca juga: Mengapa Kurang Olahraga Dapat Memperbesar Risiko Serangan Jantung?

Gejala yang terjadi pada wanita justru tampak seperti tanda-tanda penyakit lain, seperti halnya flu, mual, atau masuk angin. Tak heran banyak diabaikan hingga kondisinya kian parah.

Gejala serangan jantung saat tidur, seperti nyeri dada dan muncul keringat dingin penting dikenali untuk dapat dikonsultasikan segera dengan dokter.

Untuk mencegah serangan jantung yang berujung kematian, para wanita sebaiknya mengenali 8 gejala serangan jantung berikut.

1. Sesak napas

Pria juga memiliki gejala sesak napas saat terkena serangan jantung. Namun, kondisi ini lebih kerap terjadi pada wanita.

Sesak napas pada wanita biasanya terjadi secara tiba-tiba, bahkan tanpa adanya tanda berupa rasa nyeri di dada.

2. Nyeri tubuh bagian atas

Jantung hanya memiliki sedikit ujung saraf. Apabila jantung terluka, rasa sakit bisa menjalar atau dirasakan area tubuh lain.

Namun, umumnya rasa sakit akibat serangan jantung terbatas pada tubuh bagian atas.

Sebagai contoh adalah nyeri di leher, punggung, rahang, gigi, lengan kiri, dan tulang belikat adalah gejala serangan jantung yang sering terjadi pada wanita.

Baca juga: 5 Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri, Termasuk Gejala Serangan Jantung

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.