Kompas.com - 14/07/2022, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Saat mengalami kecemasan, kita selalu merasa ada banyak hal buruk yang akan terjadi.

Pikiran negatif akan terus berkecamuk dalam benak hingga menimbulkan rasa sakit di dada. Yah, cemas akan membuat kita terperangkap dalam rasa yang tidak nyaman.

Perasaan cemas sebenarnya hal yang wajar terjadi. Namun jika kita berlarut-larut dihantui kecemasan, hal tersebut bisa membawa dampak negatif bagi kesehatan kita.

Dampak buruk cemas

Kecemasan yang berlebihan bisa berdampak buruk pada fisik kita. Saat merasa cemas, kita bisa mengalami sakit perut, mual, diare, dan berbagai masalah pencernaan lainnya.

Rasa cemas juga bisa membuat kita kehilangan nafsu makan. Hal ini terjadi akre akecemasan akan memicu reaksi "fight or flight" di otak.

Reaksi tersebut akan membuat proses pencernaan melambat bahkan berhenti. Saat merasa cemas, hormon kortisol juga meningkat yang turut meningkatkan kadar asam lambung.

Di sisi lain, cemas berlebihan juga bisa menurunkan kualitas tidur. Kecemasan bisa membuat siklus menstruasi tidak teratur, menganggu kesuburan, dan memperburuk gejala menopause.

Baca juga: 8 Makanan Pemicu Produksi Lendir yang Perlu Diwaspadai

Kebiasaan yang meningkatkan cemas

Rasa cemas berlebihan bisa datang karena kebiasaan buruk yang tanpa sadari sering kita lakukan. Berikut kebiasaan buruk yang bisa meningkatkan kecemasan:

1. Terlalu banyak konsumsi kafein

Banyak orang memulai hari dengan menyesap secangkir kopi atau teh. Namun, tahukah Anda hal ini sebenarnya bisa memicu rasa cemas?

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam US National Library of Medicine, orang yang menderita kecemasan dapat memperburuk hari mereka dengan asupan kafein.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.