Kompas.com - 13/07/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Kelenjar prostat adalah organ kecil yang berada tepat di bawah kandung kemih dan berperan dalam memproduksi dan menyempurnakan air mani.

Mengutip Medical News Today, ukuran kelenjar prostat rata-rata mungkin seperti kenari atau bola pingpong yang beratnya sekitar 30 gram.

Meski kecil, kelenjar prostat memiliki berbagai fungsi penting, yang utama menjadi bagian dari anatomi seksual atau reproduksi pria.

Baca juga: 3 Penyebab Prostatitis, Biang Kelenjar Prostat Bengkak dan Radang

Fungsi 

1. Membantu produksi sperma

Mengutip Medical News Today, fungsi kelenjar prostat yang utama adalah menghasilkan cairan yang digunakan untuk menyempurnakan air mani.

Kelenjar prostat berkontribusi 20-30 persen terhadap total volume air mani. Sisanya berasal dari vesikula seminalis (50-65 persen) dan testis (5 persen).

Cairan prostat mengandung komponen yang membuat air mani menjadi zat yang ideal untuk sel sperma hidup, karena terdiri dari:

  • Enzim
  • Seng
  • Asam sitrat

Salah satu enzim penting adalah antigen spesifik prostat (PSA), yang membantu membuat air mani lebih tipis dan lebih cair.

Baca juga: Faktor Utama Pria Berisiko Tinggi Terkena Kanker Prostat

Mengutip Better Health, cairan yang dihasilkan oleh kelenjar prostat membantu melindungi dan memberi makan sperma, yang melakukan perjalanan melalui saluran ejakulasi menuju uretra.

Uretra adalah tabung tipis di mana urin mengalir dari kandung kemih dan keluar dari penis. Ini berjalan melalui kelenjar prostat.

Cairan prostat sedikit asam, tetapi komponen lain dari air mani membuatnya basa secara keseluruhan.
Hal ini untuk menangkal keasaman vagina dan melindungi sperma dari kerusakan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.