Kompas.com - 01/08/2022, 07:37 WIB

KOMPAS.com - Selain memicu rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit.

Bahkan, asisten profesor entomologi dari niversity of California Riverside mengatakan bahwa nyamuk bisa menjadi hewan berbahaya di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia juga melaporkan bahwa lebih dari 50 persen populasi dunia saat ini berisiko terkena penyakit yang dibawa nyamuk.

Baca juga: SAD, Pengaruh Perubahan Musim Pada Depresi

Penyakit karena gigita nyamuk

Berikut beberapa penyakit yang bisa menyebar akibat gigitan nyamuk:

1. Virus Zika

Virus Zika adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Nyamuk Aedes paling aktif saat siang hari.

Virus zika bisa menyebabkan beberapa gejala seperti demam, ruam, nyeri sendiri, dan mata merah.

Ibu hamil yang tertulas penyakit ini juga bisa menyebabkan sang bayi mengalami mikrosefali. Mikrosefali adalah cacat lahir yang menyebabkan kepala kecil dan kerusakan otak.

2. Demam berdarah

Penyakit ini kerap terjadi di negara-negara tropos. Gejala yang dialami pasien demam berdarah antara lain ruam, emam, sakit kepala, mudah memar, dan gusi berdarah.

Dalam kasus yang parah, demam berdarah bisa menyebabkan sindrom syok dengue yang menyebabkan sakit perut, pendarahan (perdarahan) dan kolaps peredaran darah (syok.),

Tidak ada obat untuk demam berdarah. Namun, pengenalan dan pengobatan dini dapat membantu mengelola gejala dan mencegah kematian.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.