Kompas.com - 20/08/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Sebagian pasangan yang tengah mendambakan buah hati terkadang antusias mengetahui jenis kelamin janin di dalam kandungannya.

Tak pelak, banyak pasangan berburu ciri-ciri hamil anak perempuan atau laki-laki sebelum melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter.

Beberapa mitos menyebutkan, wanita yang hamil anak perempuan biasanya berjerawat. Atau, wanita yang hamil anak laki-laki memiliki perut lebih buncit. Mitos tersebut telah dibantah para ahli lewat penelitian ilmiah.

Namun, ada beberapa penelitian kecil atau terbatas yang menunjukkan perubahan kondisi ibu hamil sebagai penanda wanita tengah mengandung anak perempuan. Berikut penjelasannya.

Baca juga: 15 Ciri-ciri Hamil Muda, Tak Hanya Telat Haid

Ciri-ciri hamil anak perempuan

Terdapat sejumlah ciri-ciri hamil anak perempuan menurut beberapa studi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Mual dan muntah parah

Dilansir dari Whattoexpect, sebagian wanita mengalami mual dan muntah di pagi hari atau morning sickness. Tapi, beberapa ibu hamil mengalami kondisi ini lebih parah dibandingkan biasanya.

Terdapat studi kecil yang membuktikan, wanita yang hamil anak perempuan cenderung mengalami mual dan muntah yang lebih parah dibandingkan ibu hamil anak laki-laki.

Hal itu dipengaruhi kadar homron kehamilan HCG yang lebih banyak diproduksi ibu hamil yang mengandung anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.

Namun, perlu diketahui ada beberapa kondisi lain penyebab ibu hamil mengalami mual dan muntah parah saat mengandung buah hatinya. Dikutip dari Healthline, kondisi ini bisa dipengaruhi kadar gula darah rendah.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Hamil Tanpa Disertai Mual

  • Mudah lupa

Beberapa penelitian juga menunjukkan, wanita yang hamil anak perempuan cenderung mudah lupa dibandingkan saat hamil anak laki-laki. Terutama untuk memori mendengarkan, komputasi, dan visualisasi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.