Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2022, 21:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah orang terkadang mencari cara mengatasi batuk di malam hari secara alami.

Seperti diketahui, batuk terkadang muncul menjelang tidur, atau di sela-sela waktu istirahat, ketika tidak ada obat batuk di rumah.

Untungnya, beberapa bahan alami yang bisa membantu meredakan gangguan kesehatan ini.

Sebelum menyimak beberapa cara mengatasi batuk di malam hari secara alami, kenali dulu sejumlah penyebabnya.

Baca juga: 4 Alasan Kenapa Sering Batuk di Malam Hari, Tak Selalu Penyakit

Penyebab batuk di malam hari

Ada dua alasan utama kenapa batuk di malam hari biasanya kambuh atau muncul. Dilansir dari EverydayHealth, berikut beberapa di antaranya:

Posisi tidur berbaring biasanya membuat lendir menggenang di tenggorokan. Hal ini bisa memicu refleks batuk

Kondisi udara di dalam kamar tidur di malam hari biasanya lebih kering. Hal ini juga bisa menyebabkan seseorang batuk-batuk

Terlepas dari faktor di atas, penyebab batuk di malam hari juga bisa berasal dari alergi, penyakit asam lambung kronis, infeksi saluran napas, penyakit paru-paru, gangguan tidur apnea, sampai kebiasaan merokok.

Apabila masalah kesehatan ini terkait penyakit tertentu, maka cara meredakan batuk di malam hari perlu disesuaikan akar penyebabnya.

Baca juga: 8 Penyebab Batuk di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Cara mengatasi batuk di malam hari secara alami

Terdapat beberapa cara mengatasi batuk di malam hari secara alami yang bisa membantu meringankan masalah kesehatan ini:

  • Minum madu

Sebelum tidur, upayakan untuk minum secangkir minuman hangat seperti air putih, wedang jahe, wedang lemon, atau seduhan chamomile yang diberi tambahan madu. Minuman hangat dan madu bisa membantu memecah lendir di saluran udara penyebab batuk. Hindari memberikan madu kepada anak di bawah setahun karena bisa memicu botulisme.

  • Tidur dengan sandaran kepala lebih tinggi

Gravitasi bisa membuat lendir menumpuk di tenggorokan dan memicu batuk. Jadi, upayakan untuk sedikit melawan gravitasi dengan tidur dengan posisi sandaran kepala sedikit lebih tinggi. Agar tidak sakit leher, gunakan sandaran ini sampai ke punggung bagian atas.

Baca juga: 8 Penyebab Batuk Tak Kunjung Sembuh, Bisa Infeksi sampai Asam Lambung

  • Mandi air hangat

Udara kering memang bisa menyebabkan batuk di malam hari. Untuk melembapkan saluran udara, coba mandi di bawah pancuran air hangat sebelum tidur. Sembari mandi, hirup uap hangatnya. Selain melembapkan udara, kebiasaan ini juga bisa membuat pikiran rileks dan tidur nyenyak.

  • Makan nanas

Dilansir dari Healthline, kandungan enzim bromelain dalam nanas bisa membantu mengencerkan lendir di saluran pernapasan, sehingga potensial digunakan sebagai obat batuk alami.  

  • Kumur dengan air garam

Berkumur dengan larutan air garam bisa membantu membersihkan saluran napas dan meredakan batuk karena asma, alergi, dan infeksi. Cara mengatasi batuk di malam hari secara alami ini cukup mudah. Larutkan satu sendok garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur beberapa kali sehari.

Baca juga: 10 Cara Mengobati Batuk Tak Kunjung Sembuh, Sesuaikan Akar Penyebabnya

Kapan perlu waspada dengan batuk di malam hari?

Jika Anda sudah mencoba beberapa cara mengatasi batuk di malam hari secara alami di atas tapi masalah kesehatan ini tak kunjung sembuh, ada baiknya Anda berkonsultasi ke dokter.

Terlebih jika batuk batuk tak kunjung sembuh atau lebih dari tiga minggu, disertai gejala batuk darah, demam tinggi, sesak napas, nyeri dada, atau bengkak di beberapa bagian tubuh.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com