Kompas.com - 19/08/2022, 05:01 WIB

KOMPAS.com - Ciri-ciri hamil muda pada wanita paling mudah dikenali lewat telat haid.

Sebenarnya tanda-tanda awal kehamilan sudah muncul sebelum wanita menyadari dirinya tidak mengalami menstruasi.

Namun, beberapa gejalanya terkadang mirip dengan kondisi menjelang haid atau pre-menstrual-syndrome (PMS). Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 7 Ciri-ciri Hamil Tanpa Disertai Mual


Ciri-ciri hamil muda

Terdapat beberapa ciri-ciri awal kehamilan yang terkadang tidak disadari para wanita, antara lain:

  • Suhu basal naik

Dilansir dari Whattoexpect, di awal kehamilan, suhu basal tubuh ibu hamil akan naik sekitar satu derajat Celsius. Untuk diketahui, suhu basal adalah suhu tubuh saat baru bangun tidur di kasur pada pagi hari dan belum beraktivitas sama sekali.

  • Sensitif dengan bau dan tidak doyan asupan tertentu

Indra penciuman ibu hamil muda biasanya juga lebih sensitif dibandingkan sebelum hamil. Jadi, banyak wanita yang hamil muda lebih peka dan risih terhadap bau yang tidak bikin nyaman. Kondisi ini juga kerap membuat wanita tidak doyan makanan atau minuman tertentu.

  • Payudara membesar

Perubahan hormon di awal kehamilan membuat payudara ibu hamil muda terlihat lebih besar dan nyeri saat disentuh. Kondisi ini proses alami untuk persiapan wanita menyusui bayinya kelak.

  • Area sekitar puting jadi lebih gelap

Selain payudara membesar, area sekitar puting (areola) ibu hamil muda warnanya juga bakal lebih gelap dan diameternya bertambah besar. Tak hanya itu, bintik-bintik di areola juga membesar dan jumlahnya lebih banyak.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Hamil Anggur, Ibu Hamil Perlu Tahu

  • Mudah lelah

Ciri-ciri hamil muda yang khas lainnya yakni mudah lelah. Di awal kehamilan, calon ibu bakal sering merasa lelah meskipun tidak banyak beraktivitas dan sudah cukup istirahat. Kondisi ini dipengaruhi alokasi energi yang sebagian besar dialihkan untuk membangun plasenta.

  • Muncul flek coklat atau merah muda

Ibu hamil muda terkadang juga mengalami flek coklat atau merah muda. Kondisi yang dikenal dengan pendarahan implantasi ini menandai embrio telah menempel ke dinding rahim. Flek biasanya muncul antara enam sampai 12 hari setelah pembuahan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.