Kompas.com - 03/09/2022, 18:18 WIB

KOMPAS.com - Anda mungkin pernah mendengar tentang diet tinggi protein, namun apakah Anda pernah mendengar mengenai diet rendah protein?

Padahal, melansir Healthline, protein diperlukan oleh tubuh sehingga konsumsi yang lebih banyak akan membantu dalam proses diet sehat, lalu bagaimana dengan diet rendah protein?

Ternyata, diet rendah protein merupakan jenis diet yang bisa Anda lakukan ketika tubuh Anda mengonsumsi terlalu banyak protein.

Baca juga: Apa Akibat Kelebihan Protein pada Kesehatan?

Kompas TV Menurut Dokter Spesialis Penyakit Dalam, Syahidatul Wafa beliau menyampaikan bahwa diet yang sehat itu adalah diet yang seimbang.

Healthline menyebutkan bahwa ada beberapa bahaya konsumsi protein yang berlebihan untuk kesehatan, seperti:

  • Kenaikan berat badan
  • Nafas bau
  • Sembelit
  • Diare
  • Kerusakan ginjal
  • Dehidrasi
  • Kanker
  • Penyakit jantung
  • Kehilangan kalsium

Tidak hanya itu saja, Medical News Today juga menyebutkan bahwa kematian adalah salah satu efek samping kelebihan protein.

Dengan mempertimbangkan bahaya yang dapat ditimbulkan ketika mengonsumsi protein dalam jumlah yang tinggi, Anda perlu tahu terlebih dahulu seberapa besar asupan protein per hari yang Anda butuhkan.

Melansir Healthline, asupan protein per hari untuk masing-masing orang akan berbeda, tergantung pada umur, jenis kelamin, aktivitas, kesehatan, diet total, dan pengaruh lainnya.

Meskipun begitu, Healthline juga menjelaskan bahwa salah satu metode yang paling sering digunakan untuk mengetahui kebutuhan kalori harian adalah dengan menggunakan berat badan.

Kemudian, Anda bisa melakukan diet rendah protein sebagai cara mengatasi kelebihan protein.

 

Diet rendah protein

Melansir Medical News Today, diet rendah protein adalah jenis diet yang sangat baik karena mengurangi tekanan pada ginjal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.