Kompas.com - 03/10/2022, 06:01 WIB

KOMPAS.com - Asam salisilat atau dikenal dengan salicylic acid adalah salah satu jenis bahan aktif yang kerap digunakan dalam skincare atau produk perawatan kulit.

Dilansir dari Netdoctor, Kandungan salicylic acid berupa beta-hydroxy acid (BHA) yang digunakan sebagai bahan eksfoliasi atau merangsang pengelupasan kulit.

Selain BHA, bahan eksfolian yang populer lainnya yakni AHA atau alpha-hydroxy-acid (AHA).

Berbeda dari AHA yang larut dalam air, BHA dalam salicylic acid larut dalam minyak sehingga bisa menembus lapisan kulit lebih dalam ketimbang AHA. Simak beberapa manfaat salicylic acid untuk kulit berikut.

Baca juga: 4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah

Manfaat salicylic acid

Asam salisilat atau salicylic acid baik digunakan untuk kulit berjerawat dan berminyak. Berikut beberapa manfaatnya:

  • Mengangkat sel kulit mati

Asam salisilat bisa memecah keratin atau protein utama yang melapisi bagian luar kulit. Jadi, salicylic acid efektif untuk mengangkat sel kulit mati dengan cara membantu pengelupasan lapisan kulit atas secara kimiawi.

  • Menghilangkan komedo

Komedo terbentuk ketika produksi minyak berlebih yang bercampur dengan sel kulit mati menyumbat pori-pori. Nah, kemampuan menembus keratin dalam asam salisilat bisa melarutkan kotoran penyumbat pori biang komedo.

Baca juga: 10 Manfaat Serum Vitamin C, Tak Hanya untuk Mencerahkan Kulit

  • Mengatasi jerawat

Manfaat salicylic acid untuk jerawat bisa mengurangi peradangan, membantu mengurangi minyak berlebih biang jerawat, sekaligus membersihkan kotoran sampai ke bagian dalam kulit penyebab jerawat.

Dilansir dari WebMD, secara umum,asam salisilat aman digunakan. Tapi, penggunaan bahan kimia ini untuk ibu hamil dan ibu menyusui perlu berkonsultasi dulu ke dokter.

Anda bisa memetik manfaat salicylic acid dengan menggunakan sabun cuci muka, toner, pelembap, masker, atau serum yang menggunakan bahan aktif zat ini.

Baca juga: 7 Manfaat Niacinamide untuk Kulit Wajah


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.