Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2022, 20:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Serum vitamin C adalah salah satu produk perawatan kulit atau skincare yang dikenal ampuh untuk mencerahkan kulit.

Namun, tahukah Anda? Manfaat serum vitamin C ternyata juga bisa membuat kulit awet muda sampai menghilangkan bekas jerawat.

Untuk mengenal lebih jauh skincare yang belakangan populer ini, simak penjelasan berikut.

Baca juga: Serum Vitamin C Dipakai Pagi atau Malam, Mana yang Lebih Baik?

Manfaat serum vitamin C

Ada banyak manfaat serum vitamin C untuk kulit, di antaranya:

  • Mencerahkan kulit

Dilansir dari Self, dengan penggunaaan yang konsisten dan tepat, serum vitamin C bisa membantu mencerahkan serta meratakan warna kulit. Kandungan zat ini bisa menghambat produksi melanin berlebihan, yang membuat kulit tampak lebih gelap.

  • Potensial menghilangkan bekas jerawat

Manfaat serum vitamin C juga potensial untuk pemilik masalah jerawat. Formula penambah kolagen zat ini bisa membantu menghilangkan bopeng dan bekas jerawat.

  • Menjaga kelembapan kulit

Dilansir dari Healthline, serum vitamin C terutama yang mengandung asam askorbat atau magnesium ascorbyl phosphate bisa menghidrasi kulit, sehingga kelembapan kulit terjaga.

Baca juga: Serum yang Cocok untuk Kulit Berminyak

  • Menenangkan kulit

Kandungan antioksidan dalam vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan, mengurangi kemerahan, bengkak, dan menangkan kulit yang sedang bermasalah.

  • Menyamarkan hiperpigmentasi

Vitamin C bisa menghambat produksi melanin penyebab hiperpigmentasi; seperti flek hitam, bintik-bintik hitam ketika kepanasan, melasma, atau bekas jerawat.

  • Menghilangkan mata panda

Serum vitamin C dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam yang terbentuk di area bawah mata atau mata panda. Kandungan zat ini bisa menebalkan lapisan kulit yang menipis dan mencerahkan warna gelap di bawah mata.

  • Merangsang produksi kolagen

Kolagen adalah protein alami yang bisa menipis dan habis seiring penuaan. Ketika kolagen menurun, garis-garis halus dan kerutan bisa muncul di kulit. Nah, serum vitamin C bisa membantu merangsang produksi kolagen.

Baca juga: Kenali Apa itu Retinol, Fungsi, dan Cara Pakainya untuk Pemula

  • Mencegah kulit gampang kendur

Produksi kolagen yang stabil penting untuk menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Ketika kadar kolagen menurun, kulit juga bisa mengendur. Coba gunakan serum vitamin C untuk mencegah kulit gampang kendur karena faktor usia, efek buruk radikal bebas, atau berat badan turun drastis.

  • Melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari

Paparan sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya memadai bisa merusak kulit. Akibatnya, kulit jadi berkerut, kusam, dan tampak tidak bebas. Namun, jangan khawatir, lindungi kulit dari efek buruk sinar matahari dengan antioksidan dalam serum vitamin C.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Serum vitamin C juga potensial untuk membantu mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi risiko peradangan, dan mencegah munculnya bekas luka yang dalam karena jaringan parut.

Baca juga: Amankah Niacinamide Digunakan Bersamaan dengan Retinol?

Tips memilih serum vitamin C yang tepat

Setelah mengetahui beberapa manfaat serum vitamin C, perhatikan juga kiat-kiat memilih serum yang tepat berikut ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com