Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2022, 10:31 WIB

KOMPAS.com - Batuk berdahak sebenarnya adalah cara alami tubuh membersihkan saluran pernapasan.

Dahak atau lendir yang dikeluarkan dari saluran udara paru-paru dapat membantu menjebak bakteri, virus, atau biang penyakit agar mudah dikeluarkan dari tubuh.

Baca juga: 7 Penyebab Batuk Kering, Bisa Covid-19 sampai Asam Lambung Kronis

Sayangnya, masalah kesehatan ini cukup mengganggu. Terlebih jika kondisi ini tak kunjung sembuh atau terjadi berkepanjangan. Masalah kesehatan ini bisa mengganggu aktivitas sampai membuat susah tidur.

Untuk mengenal lebih jauh masalah kesehatan ini, kenali beberapa penyebab batuk berdahak yang perlu Anda ketahui.

Penyebab batuk berdahak

Penyebab batuk berdahak bisa berasal dari alergi, masalah kesehatan ringan, sampai penyakit serius yang membutuhkan penanganan medis mendesak. Berikut beberapa di antaranya:

  • Flu

Dilansir dari BuoyHealth, batuk berdahak biasanya disebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan seperti flu. Ada 200 virus penyebab flu. Tapi, jenis yang paling sering adalah rhinovirus. Umumnya, batuk berdahak gejala flu tidak disertai sesak napas dan demam.

  • Bronkitis

Batuk berdahak mendadak, disertai demam ringan, tanpa sesak napas bisa jadi gejala bronkitis akut. Penyakit ini terjadi ketika saluran udara di paru-paru mengalami peradangan. Apabila batuk berdahak tak kunjung sembuh atau berkepanjangan lebih dari 2 bulan, Anda perlu waspda penyakit ini terkait bronkitis kronis.

Baca juga: Batuk Berdahak: Ciri-ciri, Penyebab, Diagnosis

  • Pneumonia

Batuk berdahak juga bisa jadi gejala pneumonia. Selain batuk, penderita biasanya juga mengalami demam tinggi, sesak napas, dahak berwarna kuning atau kehijauan atau berdarah, dan badan lemas. Penyebab pneumonia paling sering karena infeksi bakteri dan virus.

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

PPOK adalah penyakit penyebab batuk berdahak berkepanjangan yang cukup sering menyerang perokok. Selain batuk berdahak, gejala penyakit ini juga disertai mengi dan sesak napas kambuh ketika banyak beraktivitas atau olahraga.

  • Bronkiektasis

Dilansir dari MedicalNewsToday, bronkiektasis adalah penyakit paru-paru kronis yang membuat saluran udara melebar secara tidak normal dan dipenuhi lendir berlebihan. Penyakit ini menyebabkan paru-paru rawan terinfeksi dan memicu batuk berdahak.

Baca juga: 10 Obat Batuk Berdahak Alami ala Rumahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+