Kompas.com - 03/02/2022, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Cara mengatasi batuk berdahak secara alami bisa dengan banyak minum, terapi uap, sampai mengonsumsi bahan-bahan herbal.

Seperti diketahui, beberapa orang merasa lebih cocok menggunakan obat batuk berdahak alami karena relatif minim efek samping.

Selain itu, anak-anak di bawah usia empat tahun dan ibu hamil biasanya juga tidak dianjurkan sembarangan minum obat batuk tanpa pengawasan dokter.

Untuk perawatan darurat di rumah dan penunjang perawatan medis, batuk berdahak bisa disembuhkan dengan beberapa langkah mudah. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 8 Obat Batuk Alami yang Terbukti Ampuh

Cara mengatasi batuk berdahak secara alami

Melansir beberapa sumber, terdapat beberapa cara mengobati batuk berdahak secara alami, antara lain:

  • Banyak minum

Menjaga cairan dalam tubuh penting saat tubuh sedang batuk atau pilek. Untuk itu, Anda disarankan banyak minum saat sedang batuk berdahak.

Ketika batuk berdahak disertai pilek, pilih jenis minuman yang hangat seperti air putih hangat, wedang herbal, atau kaldu ayam. Untuk bayi, berikan banyak ASI ketika sedang batuk berdahak.

Riset menunjukkan, minum yang cukup dan menjaga suhu ruangan ideal dapat mengatasi batuk, hidung gatal, dan mencegah bersin.

  • Minum madu

Madu bisa membantu mengencerkan dahak di tenggorokan. Kandungan antibakterinya juga dapat membantu meredakan batuk.

Cara menyembuhkan batuk berdahak dengan madu cukup mudah. Anda bisa minum satu sendok madu. Atau, campurkan dua sendok madu ke dalam air hangat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.