Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/02/2023, 10:45 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Pembengkakan limpa atau limpa bengkak adalah masalah kesehatan serius yang pantang disepelekan.

Untuk diketahui, limpa adalah organ vital yang besarnya sekitar satu kepalan tangan. Dilansir dari NHS, organ ini terletak di bagian perut kiri atas.

Fungsi limpa utamanya untuk menunjang sistem kekebalan tubuh. Ketika limpa bengkak, organ penting ini tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal.

Sebelum menyimak beberapa penyebab limpa bengkak, ada baiknya ketahui dulu mengapa bisa terjadi pembengkakan limpa berikut ini.

Baca juga: Limpa Bengkak: Gejala, Penyebab, Cara Mengatasi

Mengapa limpa bengkak?

Dilansir dari Cleveland Clinic, limpa adalah bagian dari sistem limfatik dan kekebalan tubuh yang berguna untuk menyaring darah, menghilangkan limbah, serta menghasilkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

Limpa bengkak bisa karena beragam penyakit atau kondisi yang memengaruhi organ ini, sampai masalah pada darah.

Untuk diketahui, limpa normal memiliki panjang sekitar 12 centimeter dan bobot sekitar 70 gram. Limpa tergolong bengkak ketika panjangnya sampai 20 centimeter dan bobotnya sampai satu kilogram.

Ada banyak faktor penyebab limpa bengkak, mulai dari peradangan, tumor jinak atau ganas, sampai penumpukan darah.

Beberapa faktor tersebut ada yang sifatnya sementara, tapi ada yang bersifat kronis atau semakin memburuk seiring berjalannya waktu.

Baca juga: 6 Ciri-ciri Kelenjar Getah Bening Bengkak yang Perlu Diwaspadai

Penyebab limpa bengkak

Berikut beberapa faktor penyebab limpa bengkak yang perlu Anda waspadai:

  • Infeksi kuman

Dikutip dari MayoClinic, segala jenis infeksi kuman bisa menekan fungsi kekebalan limpa dan memicu limpa bengkak, Infeksi tersebut bisa virus seperti mononukleosis dan HIV, infeksi bakteri seperti tuberkulosis, atau infeksi parasit seperti malaria sampai toksoplasma. 

  • Penyakit hati

Dilansir dari Cleveland Clinic, penyakit hati atau liver seperti hepatitis dan sirosis hati bisa meningkatkan tekanan di pembuluh darah yang mengalir lewat hati dan limpa. Tekanan ini menyebabkan darah menggenang dan membuat limpa bengkak.

Baca juga: 4 Penyebab Kelenjar Getah Bening Bengkak

  • Penyakit kanker

Pembengkakan limpa juga bisa karena penyakit kanker darah seperti leukemia, myeloproliferative neoplasm, atau limfoma. Pertumbuhan sel abnormal secara ganas ini bisa merusak limpa dan membuat organ ini membengkak.

  • Lesi fokal

Lesi fokal atau pertumbuhan jinak yang sebenarnya sifatnya bukan kanker seperti tumor, kista, atau abses terkadang juga bisa membuat limpa bengkak.

  • Penyakit autoimun

Penyakit autoimun seperti lupus, sarkoidosis, atau artritis reumatoid bisa menyebabkan respons sel-sel kekebalan tubuh terlalu aktif. Sehingga, penyakit ini juga bisa jadi salah satu faktor penyebab limpa bengkak.

Baca juga: 3 Gejala Liver Bengkak dan Penyebabnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com