Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Jenis Kista Payudara yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 10/02/2023, 14:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kista payudara bisa menyerang siapa saja dan kaum wanita akan mengalami kista ini setidaknya sekali selama hidupnya.

Ada tiga jenis kista payudara yang akan muncul dan nantinya akan memengaruhi diagnosis serta pengobatan yang akan diberikan.

Untuk itu, ketahui jenis kista payudara berikut ini.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Kista Payudara, Penyebab, dan Gejalanya

Jenis kista payudara

Dilansir dari Healthline, kista payudara adalah benjolan yang berisi cairan yang ukurannya bisa sangat kecil hingga cukup besar.

Penyebab kista payudara sebenarnya masih belum diketahui secara pasti, namun perubahan hormon diduga sebagai salah satu faktor yang memicu timbulnya kista payudara.

Dokter akan melakukan diagnosis kista payudara untuk menentukan jenis kista payudara yang muncul untuk kemudian memberikan pengobatan serta perawatan yang tepat.

Disarikan dari Breast Cancer dan Healthline, ada tiga jenis kista payudara yang umumnya dialami, seperti:

  • Kista payudara sederhana

Kista payudara yang sederhana akan memiliki permukaan yang halus, dindingnya tipis, dan penuh terisi cairan.

Jenis kista ini biasanya tidak memiliki area yang padat dan merupakan jenis kista yang jinak.

Baca juga: Adakah Perbedaan Kista dan Tumor Payudara?

  • Kista payudara kompleks

Kista payudara kompleks memiliki pinggiran yang bergigi, dindingnya lebih tebal, dan memiliki bagian padat atau kotoran di dalam cairannya.

Jenis kista payudara yang kompleks ini biasanya perlu disedot atau dikempeskan dengan menggunakan jarum halus sehingga cairan di dalamnya bisa diambil untuk diperiksa.

Jika cairan yang diperiksa tersebut mengandung darah atau sel tertentu, pemeriksaan lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui apakah terdapat sel kanker di dalamnya atau tidak.

Namun, jenis kista payudara yang kompleks umumnya bersifat jinak.

  • Kista payudara rumit

Kista yang rumit adalah jenis kista yang memiliki karakteristik yang mirip dengan kista payudara yang sederhana dan kompleks.

Jenis kista ini memiliki tampilan yang mirip dengan kista sederhana, namun terdapat kotoran di dalam cairannya.

Kista payudara yang rumit tidak memiliki dinding tebal atau area padat seperti kista payudara yang kompleks, dan biasanya bersifat jinak.

Dokter akan melakukan diagnosis untuk menentukan jenis kista payudara yang muncul dan melakukan pemeriksaan tambahan ketika mencurigai adanya sel kanker di dalamnya.

Umumnya kista payudara tidak ganas dan bisa sembuh dengan sendirinya. Meskipun begitu, Anda tetap disarankan untuk segera ke dokter ketika muncul benjolan di payudara untuk segera mendapatkan diagnosis yang tepat.

Baca juga: 5 Gejala Kista Payudara dan Kapan Harus ke Dokter

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com