Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa dengan Puasa Tubuh Menjadi Lebih Sehat?

Kompas.com - 11/04/2023, 05:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Puasa adalah salah satu ibadah wajib umat muslim selama Ramadhan. Selain bisa memetik manfaat spiritual, puasa juga memiliki manfaat kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Simak penjelasan mengapa dengan puasa tubuh menjadi lebih sehat serta kiat menjaga kesehatan selama puasa lewat artikel di bawah ini.

Baca juga: 7 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Mengapa dengan Puasa Tubuh Menjadi Lebih Sehat?

Manfaat puasa ternyata bisa memperbaiki kesehatan fisik dan mental lewat sejumlah cara. Dilansir dari ClevelandClinic, berikut beberapa alasan mengapa dengan puasa tubuh menjadi lebih sehat:

  • Detoksifikasi alami

Puasa selama sebulan dapat memperbaiki sistem pencernaan di dalam tubuh. Proses ini dapat menghilangkan racun berbahaya dan mengikis timbunan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

  • Mengontrol kadar kolesterol

Penelitian menunjukkan, puasa dapat memperbaiki profil lemak atau kolesterol di dalam tubuh. Setelah sebulan berpuasa dan menjaga pola makan sehat, kadar kolesterol umumnya lebih terkontrol.

  • Menjaga kesehatan pencernaan

Sistem pencernaan selama puasa Ramadhan biasanya membaik karena tubuh terhindar dari kebiasaan makan berlebihan. Ketika tubuh terbiasa makan lebih sedikit, sistem pencernaan bisa sejenak beristirahat dan tidak dipaksa bekerja keras terus-menerus.

  • Memperbaiki kinerja otak

Saat puasa, ibarat baterai, otak juga ikut di-charge atau diisi ulang. Dengan begitu, sel-sel otak baru bisa tumbuh dan berkembang. Proses ini membuat otak lebih tahan terhadap stres, adaptif dengan perubahan, meningkatkan suasana hati, daya ingat, dan kemampuan belajar.

Baca juga: Kenapa Kurma Bagus untuk Buka Puasa? Kenali Manfaat dan Anjurannya

Baca juga: 4 Alasan Kesehatan Mengapa Gorengan Tidak Cocok untuk Buka Puasa

Cara menjaga kesehatan saat puasa

Meskipun puasa bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat baik dari sisi fisik maupun mental, namun perlu diingat bahwa Anda juga perlu berikhtiar menjaga kesehatan sepanjang menjalani ibadah Ramadhan ini.

Disarikan dari MayoClinic dan ClevelandClinic, berikut beberapa cara menjaga kesehatan saat puasa yang bisa dilakukan:

  • Saat buka puasa, hindari langsung makan berlebihan. Coba batalkan puasa dengan makan tiga butir kurma dan segelas air atau pilih makanan berkuah seperti sup. Setelah shalat maghrib, baru mulai makan besar
  • Saat memilih menu makan besar, pilih hindangan yang sehat seperti ikan, daging tanpa lemak, sayur dan buah, serta karbohidrat kompleks seperti nasi merah atau oatmeal. Minimalkan atau batasi gorengan, makanan berlemak, bersantan, atau hidangan yang banyak diberi saus atau kecap. Selain itu, perhatikan porsinya jangan terlalu berlebihan
  • Jaga kecukupan cairan dengan cukup minum selama buka puasa sampai imsak. Pilih air putih yang mudah diserap tubuh. Jika Anda terbiasa minum teh atau kopi, kurangi asupan ini karena bisa menyebabkan sering kencing dan tubuh kehilangan lebih banyak cairan
  • Jaga kebugaran tubuh dengan tetap rutin berolahraga. Selama puasa, pilih waktu yang tepat dan nyaman bagi tubuh, misalkan menjelang buka puasa. Selain itu, pilih jenis olahraga dengan intensitas rendah sampai sedang agar tidak dehidrasi dan lemas
  • Untuk penderita penyakit kronis seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit darah tinggi atau hipertensi, kolesterol tinggi, atau diabetes, tetap rutin konsultasi ke dokter dan minum obat dengan penyesuaian selama puasa

Setelah menyimak penjelasan mengapa dengan puasa tubuh menjadi lebih sehat di atas, jangan lupa jalankan tip puasa sehat di atas. Dengan begitu, Anda tak hanya memetik pahala namun juga bisa mendapat berkah kesehatan selama Ramadhan.

Baca juga: 4 Tip Olahraga saat Puasa agar Tubuh Tetap Sehat

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com