Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Jantung yang Sayang Dilewatkan

Kompas.com - 01/04/2023, 13:01 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Umat muslim yang menjalankan ibadah puasa Ramadhan dengan pola hidup sehat tak hanya mendapatkan pahala, tapi juga bisa memetik manfaat untuk kesehatan jantung.

“Puasa bermanfaat bagi jantung karena melatih ritme jantung secara periodik untuk mengalirkan darah dengan baik. Tapi tentu saja saat sahur dan buka harus disertai pola makan sehat,” jelas Fatin, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, dilansir laman resmi kampus setempat.

Simak beberapa manfaat puasa untuk kesehatan jantung lewat artikel berikut ini.

Baca juga: 10 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental dan Fisik

Apa saja manfaat puasa untuk kesehatan jantung?

Puasa yang dijalankan dengan pola hidup sehat bisa bermanfaat untuk jantung lewat beberapa cara, antara lain:

  • Menurunkan kadar kolesterol jahat

Puasa potensial untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL). Kolesterol jahat bisa menumpuk di pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis (penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Kondisi ini termasuk faktor penyebab penyakit jantung.

  • Menjaga tekanan darah tetap stabil

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi juga faktor penyebab penyakit jantung. Nah, tekanan darah umumnya cenderung stabil karena jantung tidak bekerja terlalu keras selama puasa. Manfaat ini penting untuk pengidap hipertensi.

  • Menurunkan kadar homeostatin

Puasa membantu menurunkan kadar homosistein. Ketika asam amino dalam darah ini meningkat, risiko seseorang terkena penyakit jantung dan pembuluh darah juga semakin tinggi.

Baca juga: 5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes Menurut Dokter

  • Menjaga kadar gula darah

Puasa membantu memperbaiki metabolisme gula atau glukosa di dalam darah. Metabolisme ini ketika membaik bisa mengurangi risiko terjadinya resistensi insulin yang berujung penyakit diabetes, salah satu faktor penyebab penyakit jantung.

  • Membantu menjaga berat badan lebih ideal

Dengan pola makan sehat dan teratur selama puasa, berat badan bisa terkontrol dan lebih ideal. Menjaga berat badan yang ideal adalah salah satu cara menjaga jantung agar tetap sehat.

Meskipun ada beberapa manfaat puasa untuk jantung, tapi penderita penyakit jantung perlu berkonsultasi ke dokter sebelum menjalankan puasa.

Dilansir dari laman Universitas Gadjah Mada (UGM), penderita penyakit jantung risiko rendah boleh puasa. Sedangkan untuk yang berisiko tinggi, sebaiknya tidak berpuasa.

Baca juga: 6 Manfaat Puasa untuk Kesehatan Mental

Bagaimana cara menjaga kesehatan jantung saat puasa?

Ada beberapa cara menjaga kesehatan jantung saat puasa yang bisa diupayakan. Dilansir dari BritishHeartFoundation, berikut beberapa di antaranya:

  • Saat sahur, konsumsi asupan sehat dari karbohidrat kompleks yang mengenyangkan seperti nasi merah, roti gandum, dan oatmeal. Lengkapi dengan protein sehat seperti telur rebus atau dada ayam tanpa kulit. Sertakan juga buah dan sayur
  • Untuk membatalkan puasa, hindari makan secara berlebihan. Cukup minum segelas air dan makan tiga butir kurma. Setelah shalat magrib, baru makan malam dengan komposisi karbohidrat, sayur dan buah, dan protein rendah lemak. Hindari gorengan dan makanan yang digoreng. Dan, jangan makan berlebihan
  • Perhatikan hidrasi atau kecukupan cairan selama puasa. Upayakan untuk minum cukup air putih selama buka sampai sahur. Anda juga bisa menambah asupan cairan dari buah kaya air seperti kelapa, semangka, blewah, sampai pepaya
  • Jaga kebugaran selama puasa dengan tetap rutin olahraga. Coba cari waktu terbaik untuk berolahraga. Selama puasa, pilih olahraga dengan intensitas ringan atau sedang seperti jalan kaki, peregangan, atau yoga

Setelah menyimak beberapa manfaat puasa untuk kesehatan jantung di atas, jangan lupa jalankan beberapa kiat di atas agar Anda turut memetik bonusnya untuk kesehatan organ vital.

Baca juga: 13 Gejala Penyakit Jantung yang Kerap Tidak Disadari Pengidapnya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com