Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
CIRCULAR ECONOMY

5 Mineral Esensial Penting yang Harus Dipenuhi Saat Berpuasa agar Metabolisme Tubuh Optimal

Kompas.com - 10/04/2023, 16:05 WIB
Yakob Arfin Tyas Sasongko,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Selain karbohidrat, lemak, dan protein, mineral merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam jumlah tertentu, zat organik ini diperlukan untuk meningkatkan proses metabolisme tubuh agar lebih optimal, terutama selama berpuasa.

Kecukupan mineral esensial tak dapat diabaikan. Sebab, nutrient ini menjadi bahan baku kinerja enzim dalam proses metabolisme. Adapun kebutuhan mineral esensial pada setiap individu berbeda-beda, tergantung fisik, usia, dan kondisi kesehatan.

Berikut adalah lima jenis mineral esensial yang harus dipenuhi karena dibutuhkan oleh tubuh.

1. Kalsium

Kalsium merupakan zat mineral makro yang dibutuhkan setiap organisme hidup, termasuk manusia. Adapun salah satu manfaat mineral ini adalah untuk menjaga kepadatan tulang dan gigi.

Tidak hanya itu, kalsium juga berperan dalam membantu proses pembekuan darah pada luka terbuka, mencegah preeklamsia pada ibu hamil, serta mengaktifkan sejumlah enzim penting.

Baca juga: Dari Pencair Obat hingga Plastik PET, Ini Peran Etilen Glikol dalam Kehidupan Manusia

Sedikitnya, ada lima jenis makanan kaya kalsium yang dapat Anda konsumsi, yaitu ikan, susu, yoghurt, keju, dan makanan yang bersumber dari laut.

2. Natrium

Kelompok mineral makro yang juga diperlukan tubuh adalah natrium. Adapun mineral ini berperan untuk menjaga keseimbangan kadar air dalam tubuh. Selain itu, natrium juga berfungsi mempertahankan volume darah serta menjaga kinerja saraf dan otot.

Untuk itu, agar kinerja tubuh tidak terganggu, asupan natrium harus dipenuhi dalam jumlah yang cukup. Artinya, kadar natrium yang dipenuhi tidak boleh berlebih atau kurang.

Bila berlebih, mineral satu itu bisa memicu risiko hipertensi alias darah tinggi, gangguan jantung, dan ginjal. Adapun sumber nutrisi ini bisa didapat dari makanan sehat, seperti buah, sayuran, biji-bijian, dan daging.

3. Magnesium

Magnesium juga merupakan mineral makro yang memiliki sejumlah peran penting, mulai dari mengatur tekanan darah, gula darah, hingga kontraksi otot.

Baca juga: Terjebak Macet? Berikut 4 Tip Buka Puasa Saat Perjalanan Pulang Kantor

Selain itu, magnesium juga berfungsi untuk menghantarkan sinyal pada saraf, mengaktifkan enzim, dan menjaga keseimbangan elektrolit.

Adapun manfaat magnesium bisa diperoleh lewat konsumsi makanan, seperti alpukat, kacang-kacangan, coklat hitam, dan sayuran hijau.

4. Kalium

Kalium adalah salah satu mineral penting yang perlu dicukupi kebutuhannya setiap hari. Pasalnya, kekurangan kalium dapat menimbulkan sejumlah gangguan kesehatan, seperti nyeri otot, gampang kram, detak jantung meningkat, sering kencing, dan sesak napas.

Adapun kebutuhan kalium harian setiap orang berbeda-beda, tergantung kondisi kesehatan, usia, dan jenis kelamin. Pada kategori usia 1-18 tahun, misalnya, kebutuhan kalium per hari, yakni antara 2.600 mg sampai 5.300 mg. Sementara, orang dewasa usia 19 tahun ke atas membutuhkan kalium sebanyak 4.700 mg per hari.

Selain pisang, sumber kalium juga bisa ditemukan pada alpukat, kacang putih, wortel, edamame, delima, dan semangka.

Baca juga: Simak, 4 Tip Olahraga agar Tidak Lemas Saat Berpuasa

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com