Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
INDONESIA TERHUBUNG

Dokter Bidang Olahraga Sebut Konsumsi Air Mineral dengan Kandungan Essensial Punya Manfaat Besar bagi Para Atlet

Kompas.com - 16/06/2023, 10:03 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Konsumsi air mineral berkualitas dengan kandungan esensial wajib dilakukan setiap atlet. Selain menggantikan cairan tubuh, air mineral dengan kandungan esensial juga berperan dalam mempertahankan kebugaran dan kesegaran tubuh atlet.

Kepala Bidang Kesehatan Turnamen Indonesia Open 2023 dr Tjahyadi Soegiono menjelaskan, selain fungsi tersebut, air mineral dengan kandungan esensial juga dapat membantu mencegah cedera akibat panas tubuh.

“Kekurangan cairan dan mineral bagi seorang atlet dapat mengganggu performa saat bertanding. Oleh karena itu, air mineral dengan kandungan mineral esensial sangat dibutuhkan oleh tubuh, terutama atlet,” jelas Tjahyadi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (15/6/2023).

Tjahyadi pun menganjurkan bagi atlet untuk mengonsumsi 3 liter air mineral. Volume ini masih bisa disesuaikan dengan kualitas latihan dan pertandingan.

“Takaran mineral atlet harus lebih banyak ketimbang orang biasa. Orang pada umumnya butuh minum minimal 2,5 liter, sedangkan atlet bisa di atas 3 liter," jelas Tjahyadi.

Selain volume, lanjutnya, pemilihan air mineral juga tak bisa asal. Hal terpenting adalah memastikan air yang akan dikonsumsi aman dan sudah teruji secara klinis.

“Masyarakat harus cermat dalam memilih air yang punya kandungan mineral esensial berkualitas agar kesegaran tubuh terjaga setiap hari. Sebab, kandungan mineral esensial berfungsi untuk membuat tubuh lebih segar dan dapat memberi pengaruh baik," ujar Tjahyadi.

Baca juga: Terjamin BPA Free, Galon Le Minerale Aman untuk Anak, Ibu Hamil, dan Keluarga

Karena punya peran penting terhadap atlet, Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) memperhatikan secara seksama air mineral resmi yang bakal digunakan di ajang Indonesia Open 2023.

Setelah melalui tahap seleksi ketat, PP PBSI pun memercayakan Le Minerale sebagai air mineral resmi bagi atlet yang berlaga.

Ketua Panitia Pelaksana Armand Darmadji menjelaskan bahwa pemilihan Le Minerale sebagai sponsor resmi Indonesia Open 2023 tak terlepas berkat kualitas dan kesegaran yang ada pada minuman tersebut.

“Le Minerale layak menjadi sponsor mineral water di turnamen sekelas Indonesia Open. Bagi kami, mencari rekan air mineral itu sangat mudah, tetapi mencari produk yang punya standar tinggi bukan perkara mudah dan perlu seleksi yang ketat. Oleh karena itu, kami memercayakan kepada Le Minerale yang sudah menjadi official mineral water (Indonesia Open) selama tiga tahun berturut- turut," jelas Armand.

Baca juga: Le Minerale Kembali Terpilih sebagai Sponsor Resmi Air Mineral Indonesia Open

Head of Public Relations Le Minerale Yuna Eka Kristina mengatakan, pemilihan Le Minerale sebagai air mineral resmi pada ajang kompetisi bulutangkis internasional selama tiga tahun berturut-turut merupakan keputusan yang tepat.

Pasalnya, air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Tirta Fresindo Jaya tersebut mengandung mineral esensial berkualitas yang berasal dari sumber mata air terbaik pada kedalaman tertentu.

“Kandungan tersebut dibutuhkan oleh para atlet untuk mendukung kebugaran dan kesegaran tubuh, terutama para atlet,” ujar Yuna.

Karena itu pula, Le Minerale memiliki rasa segar yang berbeda. Tak hanya itu, lanjutnya, untuk menjamin keamanan dan kualitas mineral yang ada di dalam botol, Le Minerale juga dikemas menggunakan tiga lapisan proteksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com