Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Minum Kemasan Mengandung Nanooplastik, Ini Efeknya untuk Kesehatan

Kompas.com - 30/03/2024, 16:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber CNN

KOMPAS.com - Mikroplastik bukan hanya menjadi masalah utama dalam lingkungan, tetapi juga berdampak pada kesehatan manusia.

Fragmen plastik ini memiliki dampak lingkungan yang serius karena sulit diurai oleh organisme dan cenderung terakumulasi dalam lingkungan dan rantai makanan.

Dalam sebuah studi baru, peneliti mengungkap air minum kemasan yang dijual di toko di Amerika Serikat bisa mengandung 10 hingga 100 kali lebih banyak potongan plastik dibanding perkiraan sebelumnya.

Ukuran partikel itu sangat kecil sehingga tidak dapat dilihat di bawah mikroskop atau seukuran nanoplastik.

Dengan lebar rata-rata 1.000 dari rambut manusia, nanoplastik berukuran sangat kecil sehingga dapat bermigrasi melalui jaringan saluran pencernaan atau paru-paru ke dalam aliran darah, menyebarkan bahan kimia sintetis yang berpotensi berbahaya ke seluruh tubuh dan ke dalam sel.

Baca juga: Mikroplastik Ditemukan di Plasenta Manusia, Apa Efeknya?

Penelitian itu juga menemukan, dalam satu liter air kemasan, rata-rata terkandung 240.000 partikel plastik dari tujuh tipe plastik, yang sekitar 90 persennya dikenali sebagai nanoplastik dan sisanya mikroplastik.

Sherri Mason, pakar keberlanjutan yang pertama meneliti tentang adanya mikroplastik dan nanoplastik di botol kemasan, menyebutkan kita perlu mengurangi penggunakan botol atau wadah plastik.

"Orang tidak mengira kalau plastik akan luruh, tetapi hal itu yang terjadi. Ini mirip dengan sel kulit yang juga luruh," katanya.

"Plastik terus-menerus mengeluarkan potongan-potongan kecil yang pecah, seperti saat Anda membuka wadah plastik untuk salad yang dibeli di toko atau keju yang dibungkus dengan plastik,” lanjutnya.

Baca juga: Ancaman Kontaminasi Mikroplastik pada Air Minum Kemasan

Dampak pada kesehatan

Nanoplastik merupakan jenis polusi plastik yang paling mengkhawatirkan bagi kesehatan manusia. Hal ini karena ukurannya yang sangat kecil dapat menyerang sel dan jaringan di organ-organ utama.

Selain itu juga berpotensi mengganggu proses seluler dan menumpuk bahan kimia yang mengganggu endokrin seperti bisfenol, phthalate, penghambat api, zat per dan polifluorinasi, atau PFAS, dan logam berat.

"Semua zat-zat kimia itu dipakai di pabrik plastik, sehingga jika plastik bisa masuk ke tubuh kita maka zat kimia itu akan terbawa.

"Dan karena suhu tubuh lebih tinggi dibandingkan suhu di luar, bahan kimia tersebut akan bermigrasi keluar dari plastik dan berakhir di tubuh kita,” kata Mason.

Dalam penelitian pada mencit bunting, peneliti menemukan zat kimia plastik di otak, jantung, liver, ginjal, dan paru-paru pada janin 24 jam setelah si induk menghirup partikel plastik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com