Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Kacang Mete Bisa Menurunkan Kolesterol? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 05/04/2024, 22:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Kacang mete memiliki kandungan protein, serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, apakah kacang mete bisa menurunkan kolesterol?

Ternyata, kacang mete bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam tubuh.

Kacang mete juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi sehingga risiko stroke, penyakit jantung, dan serangan jantung dapat berkurang.

Untuk lebih jelasnya, ketahui manfaat kacang mete untuk kolesterol dan manfaat lainnya untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: Darah Tinggi Apa Boleh Makan Kacang Mete? Berikut Penjelasannya…

Apakah kacang mete bisa menurunkan kolesterol?

Ternyata, kacang mete bisa menurunkan kolesterol jahat, atau low-density lipoprotein (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik, atau high-density lipoprotein (HDL) di dalam tubuh.

Menurut penelitian di dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2017, makan kacang mete secara teratur selama empat minggu sudah terbukti dapat meningkatkan profil lipid pada penderita atau orang-orang yang memiliki risiko kolesterol tinggi.

Konsumsi kacang mete secara teratur dapat menurunkan kadar LDL kolesterol hingga 4,8 persen, kolesterol total hingga 3,9 persen, dan kolesterol non-HDL hingga 5,3 persen.

Namun, hasil penelitian ini tidak menunjukkan peningkatan kadar HDL di dalam tubuh setelah mengonsumsi kacang mete.

Menurut penelitian ini, kacang secara umum, termasuk kacang mete, memiliki kandungan bioaktif selain lemak yang dapat memengaruhi kadar LDL dan risiko penyakit jantung lainnya.

Seperti jenis kacang yang lainnya, kacang mete memiliki kandungan phytosterol yang sudah terbukti dapat memengaruhi metabolisme kolesterol melalui beberapa mekanisme.

Penelitian lainnya menunjukkan hasil yang positif terhadap kadar HDL di dalam tubuh setelah makan kacang mete.

Hasil penelitian tersebut dimuat di dalam The Journal of Nutrition pada tahun 2018 yang melibatkan 300 orang yang memiliki diabetes tipe 2.

Dari hasil penelitian tersebut, ditemukan bahwa konsumsi kacang mete sebanyak 30 gram selama 12 minggu dapat meningkatkan kadar HDL kolesterol dan menurunkan tekanan darah sistolik.

Meskipun begitu, manfaat ini masih perlu diteliti secara lebih lanjut karena beberapa penelitian tidak menunjukkan bahwa kadar HDL dapat meningkat setelah makan kacang mete.

Baca juga: Apakah Penderita Asam Urat Boleh Makan Kacang Mete? Ini Penjelasannya…

Manfaat kacang mete untuk kesehatan

Selain dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh, kacang mete ternyata juga dapat memberikan manfaat lainnya untuk kesehatan.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com