Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jarang Diketahui, Ini 6 Manfaat Buah Rasberi untuk Kesehatan

Kompas.com - 22/04/2024, 05:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Khairina

Tim Redaksi

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Dengan warna merah yang mencolok dan rasa manis yang lezat, rasberi bukan hanya buah yang menggugah selera, tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan bagi tubuh. 

Beberapa manfaat rasberi termasuk tinggi nutrisi dan antioksidan dan rendah gula, membantu meningkatkan kesehatan kognitif, dan melindungi terhadap penyakit kronis.

Manfaat buah rasberi untuk kesehatan

Dilansir dari Health, berikut adalah beberapa manfaat buah raspberry untuk kesehatan:

1. Rendah gula

Rasberi adalah salah satu buah dengan gula terendah. Rasberi mengandung kurang dari 2,7 gram gula per porsi 100 gram (sekitar 3/4 cangkir).

Kandungan gula yang rendah menjadikan rasberi pilihan yang sangat baik bagi siapa saja yang menyukai makanan manis dan ingin mengurangi asupan gula secara keseluruhan.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Stroberi untuk Kesehatan

2. Kaya akan antioksidan anti-penuaan

Rasberi merupakan sumber antioksidan anti-penuaan yang kuat berkat kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan buah-buahan kaya antioksidan seperti rasberi dikaitkan dengan risiko penyakit kronis yang lebih rendah, seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif yang dapat menyebabkan kerusakan sel, serta membantu mengurangi peradangan dan nyeri arthritis.

3. Melindungi dari kanker

Rasberi memiliki potensi melindungi tubuh dari kanker karena kandungan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi yang dimilikinya.

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa-senyawa tersebut dapat mengurangi reproduksi sel kanker. Kandungan ellagitannins dan anthocyanin dalam raspberry, sebagai phytochemical, memiliki sifat melawan kanker.

4. Tinggi serat

Rasberi adalah sumber serat makanan utuh yang tinggi, dengan menyediakan 6,5 gram serat per setiap 100 gram (sekitar 3/4 cangkir). Serat memiliki beragam manfaat kesehatan, termasuk kontribusi pada rasa kenyang, pengendalian gula darah, dan dukungan untuk kesehatan pencernaan yang baik.

Serat dalam rasberi juga mendukung pertumbuhan bakteri usus yang menguntungkan, bermanfaat bagi orang dengan obesitas, sindrom metabolik, dan penyakit usus kronis.

Baca juga: Rasberi, Buah Kaya Serat yang Ampuh Turunkan Berat Badan

5. Membantu mencegah diabetes

Rasberi dapat membantu mencegah diabetes berdasarkan hasil studi yang menunjukkan bahwa konsumsi rasberi dapat menurunkan gula darah dan mengurangi kebutuhan insulin pada individu yang berisiko diabetes.

6. Pertajam otak dan memori

Rasberi memiliki manfaat bagi kesehatan otak dan memori karena kemampuannya melawan stres oksidatif, yang dianggap sebagai faktor risiko dalam penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson. Flavonoid dalam rasberi telah terbukti membantu meningkatkan koordinasi dan daya ingat.

Baca juga: Rasberi, Buah yang Cocok untuk Pengidap Diabetes

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com