Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Kandungan Nutrisi dalam Susu Kacang Mede

Kompas.com - 11/05/2024, 18:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Susu kacang mede alias caschew milk merupakan salah satu alternatif susu sapi. Susu ini bisa dikonsumsi langsung atau dicampur dengan sereal, kopi, atau dessert.

Kacang mede memiliki tekstur yang lembut karenanya sangat cocok jika diolah menjadi susu nabati. Meski cashew milk mengandung kalori cukup tinggi, tetapi susu ini memiliki lemak tidak jenuh dan antioksidan.

Dalam satu cangkir (236 ml) susu kacang mede terkandung 156 kalori, 5,4 gram protein, 10.5 gram karbohidrat, dan 11 gram lemak.

Dikutip dari verywellfit, sebagian besar lemak dalam kacang mede adalah lemak sehat atau lemak tidak jenuh. Lemak tidak jenuh nabati juga dikaitkan dengan manfaat untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: 5 Makanan Sumber Lemak Jenuh yang Harus Dibatasi

"Dibandingkan dengan susu sapi, susu kacang mede tidak mengandung kolesterol namun dengan tekstur creamy yang mirip susu sapi," kata pendiri Arummi Cashew Milk, Nacitta Kanyandara.

Kandungan nutrisi lain yang perlu disorot dari susu ini adalah asam folat, magnesium, dan juga tembaga.

Produk susu kacang mede bisa menjadi pilihan untuk orang yang laktosa intoleran atau alergi dengan susu sapi. Karena tidak mengandung laktosa, kasein, atau whey, produk susu ini juga aman dikonsumsi tanpa menimbulkan masalah pencernaan.

Kendati aman, Nacitta menyarankan agar konsumsi susu plant-based ini tetap harus memperhatian kebutuhan gizi masing-masing.

"Selain itu harus diperhatikan juga jumlah konsumsinya yang harus disesuaikan dengan kebutuhan harian," katanya.

Ia mengatakan, Arummi Cashew Milk menggunakan kacang mede lokal sebagai bahan dasar produknya.

“Kacang mede banyak ditemukan di Indonesia. Dengan begitu, proses produksinya bisa lebih singkat dan sedikit jejak karbon dibandingkan dengan mengimpor. Kita juga ingin memberdayakan petani lokal ke depannya," ujarnya.

Baca juga: 4 Jenis Susu Nabati, Cocok untuk Para Vegan dan Program Diet

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com