Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur?

Kompas.com - 21/07/2024, 20:05 WIB
Khairina

Penulis


KOMPAS.com-Minum segelas air putih hangat usai bangun tidur banyak dianjurkan karena air putih memiliki sejumlah manfaat seperti membuang racun dalam tubuh dan menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Namun, ternyata minum air hangat sebelum tidur pun memiliki banyak manfaat.

Seperti dilansir Healthline, minum air hangat sebelum tidur membuat tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam dan membantu tubuh membuang racun yang tidak diinginkan. Minum air hangat juga membantu meringankan rasa sakit atau keram pada perut.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Madu dengan Air Hangat? Berikut 7 Daftarnya…
Dikutip dari berbagai sumber, manfaat minum air hangat sebelum tidur di antaranya:

1. Membantu pencernaan


Minum air hangat membantu menjaga pergerakan sistem pencernaan. Saat air bergerak melalui perut dan usus, tubuh akan lebih mampu membuang limbah.
Saat tidur, tubuh melanjutkan proses pencernaan, dan minum air hangat dapat membantu memperlancar aliran darah ke usus dan merangsang pencernaan. Minum air hangat juga dapat membantu mencegah sembelit dengan menjaga tinja tetap lunak dan memfasilitasi pergerakan usus .

2. Meningkatkan sirkulasi darah


Minum air hangat dapat membantu memperluas pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah.
Sirkulasi darah yang baik penting untuk distribusi nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh serta membantu membuang racun dari sistem tubuh. Air hangat juga dapat membantu meredakan kram dan nyeri otot .

3. Meredakan stres


Air hangat memiliki efek menenangkan yang dapat membantu meredakan stres dan kecemasan. Dengan meminum air hangat, tubuh menjadi lebih rileks dan tidur lebih nyenyak. Efek relaksasi ini juga dapat membantu mengurangi gejala insomnia dan masalah tidur lainnya.


4. Membantu detoksifikasi tubuh


Minum air hangat dapat merangsang proses detoksifikasi tubuh dengan meningkatkan suhu tubuh sehingga keluar keringat.
Keringat adalah salah satu cara tubuh mengeluarkan racun. Ini juga mendukung fungsi ginjal yang lebih baik dalam menyaring limbah dari darah.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Madu dengan Air Hangat? Berikut 7 Daftarnya…

5. Membantu penurunan berat badan


Air hangat dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu proses pembakaran kalori. Dengan meningkatkan suhu tubuh, air hangat dapat membantu mempercepat metabolisme, yang penting untuk penurunan berat badan.
Selain itu, minum air sebelum tidur dapat membantu mengurangi keinginan makan tengah malam, yang sering kali berkontribusi pada peningkatan berat badan .

6. Mencegah dehidrasi


Menjaga tubuh tetap terhidrasi penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Minum air hangat sebelum tidur membantu memastikan bahwa tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam, yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Dehidrasi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk sakit kepala, kelelahan, dan gangguan kognitif .

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau