BrandzView
Artikel ini merupakan kerja sama Kompascom dengan IGROW

Konsumsi Susu, Rahasia Mengoptimalkan Pertumbuhan Remaja

Kompas.com - 21/07/2024, 09:02 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Sheila Respati

Tim Redaksi

KOMPAS.comSusu sudah lama dikonsumsi manusia untuk mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh.

Dilansir dari laman Heatlhline.com, susu mengandung sejumlah nutrisi penting bagi tubuh, seperti kalsium dan protein. Dua kandungan ini pulalah yang membuat susu perlu dikonsumsi remaja agar pertumbuhannya optimal.

Nah, seperti apa sih manfaat sebenarnya susu bagi remaja? Simak ulasan berikut.

1. Dukung pertumbuhan tulang

Tubuh remaja akan memasuki masa pertumbuhan tinggi di usia belasan. Untuk remaja laki-laki, tinggi badan mulai tumbuh di usia 13 tahun dan berhenti pada usia 17-18 tahun. Remaja laki-laki, pertumbuhan tingginya dimulai pada usia 11 tahun dan akan berhenti pada usia 15-16 tahun.

Di usia-usia tersebut, asupan kalsium dibutuhkan agar pertumbuhan tinggi badan bisa optimal. Kalsium sendiri bisa didapat dengan rutin mengonsumsi susu.

Masih dilansir dari laman Healthline.com, susu mengandung kalsium, fosforus, potasium, protein, dan vitamin K2 yang berfungsi mendukung pertumbuhan serta menjaga kesehatan tulang.

Tak sekadar kaya kalsium, susu juga memiliki kandungan vitamin D, vitamin K, dan magnesium. Nutrien-nutrien ini bisa membantu menyerap kalsium ke dalam tubuh.

Adapun kandungan protein pada susu juga bisa meningkatkan volum dan massa tulang. Dengan kata lain, protein membantu memperkuat tulang remaja.

Manfaat tersebut juga terkonfirmasi dalam penelitian berjudul “Pengaruh Pemberian Suplemen Vitamin D, Magnesium, Susu Tinggi Kalsium serta Edukasi Balanced Diet Terhadap Somatotype Atlet Sepak Bola Remaja” dari Universitas Gadjah Mada pada 2021.

Kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin D pada susu membantu pembentukan komposisi tubuh, seperti modifikasi serabut otot, pembentukan dan pengerasan tulang, serta penurunan simpanan lemak.

Baca juga: Berkaca dari Film “Inside Out 2”, Berikut 2 Alasan Emosi Remaja Kerap Dianggap Labil

2. Kaya protein untuk pembetukan otot

Seperti yang telah disinggung, susu kaya akan protein. Selain bermanfaat meningkatkan volume dan massa tulang, kandungan protein pada susu juga berperan dalam pembentukan massa otot.

Susu mengandung dua jenis protein, yakni casein dan whey protein. Keduanya merupakan protein berkualitas tinggi. Whey protein pada susu membatu membentuk otot, mencegah otot melemah, dan jadi sumber energi saat berolahraga.

3. Bantu perkembangan otak remaja

Selain meningkatkan kesehatan tulang dan otot, susu juga dapat mendukung fungsi otak dan perkembangan kognitif pada remaja.

Dilansir dari artikel “Dairy’s Role in Child and Teen Nutrition + Health” yang dirilis oleh Dairy Council of California, susu memiliki 7 dari 14 nutrisi utama yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan otak, seperti yodium, kolin, zink, protein, serta vitamin A, D, dan B12.

Adapun kolin merupakan salah satu nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu proses metabolisme dan mendukung fungsi hati, otot, serta saraf. Nutrien ini juga berperan untuk mendukung perkembangan otak.

Sementara, menurut pakar nutrisi olahraga Emilia Achmadi, kandungan vitamin B kompleks dan protein dalam susu memiliki peran penting untuk mengimbangi produksi hormon yang berkaitan dengan kesehatan mental, memberikan dampak positif pada perkembangan kognitif, dan suasana hati.

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Selain kalsium, magnesium, dan nutrisi lain, beberapa varietas susu juga memiliki nutrien tambahan seperti ekstrak goji beri.

Goji beri sendiri kaya akan kandungan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk remaja, konsumsi susu yang dilengkapi dengan nutrisi tambahan seperti ekstrak goji beri sangat dianjurkan.

Kandungan vitamin E dan betakarotin pada susu juga bersifat antioksidan. Nutrien ini membantu mengurangi inflamasi dan melawan stres oksidatif.

Susu pilihan untuk remaja

Dengan kelebihan-kelebihan itu, remaja pun dianjurkan untuk rutin minum susu agar pertumbuhannya, baik fisik maupun otak, bisa optimal.

Pastikan susu yang diminum memiliki kandungan gizi lengkap seperti Susu IGROW.

Sebagai informasi, IGROW mengandung nutrisi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan remaja secara utuh.

Susu tersebut kaya akan kandungan kalsium dan vitamin D serta magnesium yang dapat memaksimalkan penyerapan kalsium ke tulang yang baik untuk pertumbuhan tinggi remaja.

IGROW juga memiliki kandungan kolin, asam folat, dan vitamin E yang dapat membantu pertumbuhan kognitif atau kecerdasan otak remaja.

Susu itu juga dilengkapi dengan kandungan, seperti zink, vitamin C, dan ekstrak goji beri sebagai sumber antioksidan tinggi yang dapat menjaga daya tahan tubuh.

Ada pula kandungan iodium dan 15 asam amino esensial, seperti L-Arginin yang dapat membantu pembentukan hormon dan pertumbuhan emosi anak remaja.

Berkat kandungan itu, IGROW dapat membantu mengoptimalkan pertumbuhan remaja dari sisi sosial.

Secara kemasan, susu IGROW tergolong praktis dan higienis karena dibuat dalam kemasan saset dengan takaran yang pas. Hal ini dibuat untuk mempermudah anak dalam menyeduh varian susu yang disukai.

IGROW sendiri terdiri dari tiga varian rasa, yakni cokelat, vanila, dan karamel.

Itulah manfaat minum susu secara rutin bagi remaja. Agar lebih optimal pastikan susu yang diminum memiliki nutrisi lengkap seperti IGROW.

Baca juga: Agar Anak Tumbuh Baik dan Seimbang, Perhatikan Fase Pertumbuhan Remaja Berikut

Baca tentang

komentar di artikel lainnya
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau