Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2024, 11:47 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Protein termasuk dalam nutrisi penting yang harus kita konsumsi. Jika tubuh kekurangan protein kita akan merasakan ada perubahan dalam fungsi-fungsi tubuh.

Tubuh manusia mengandung lebih dari 10.000 protein berbeda. Protein ini bisa ditemukan dalam semua bagian tubuh, mulai dari rambut sampai tulang.

"Protein adalah komponen dasar kehidupan dan terdiri dari asam amino, yang berfungsi sebagai unit penting bagi otot, kulit, tulang, jaringan, dan organ kita," kata Dewan Penasihat Nutiris Herbalife Indonesia, Prof.Rimbawan, dalam siaran pers.

Ketika kita mengonsumsi protein, tubuh kita memecahnya menjadi asam amino individual, yang kemudian digunakan untuk membuat protein baru di seluruh tubuh.

"Sangat penting untuk mengonsumsi cukup protein; jika tidak, tubuh akan memecah otot untuk mendapatkan asam amino yang diperlukan untuk berfungsi dengan baik," paparnya.

Baca juga: Manfaat Asam Amino untuk Pemulihan Olahraga

Sayangnya, sebagian besar orang Indonesia masih kekurangan protein. Tanda utama ketika tubuh kekurangan protein antara lain:

- Rambut pecah-pecah dan kuku rapuh
- Merasa lelah atau gampang lapar
- Mudah jatuh sakit
- Perubahan mood atau kesulitan berpikir
- Otot terasa lemah

Secara umum, sebagian besar orang dewasa sehat berusia di atas 19 tahun harus mendapatkan asupan protein sebanyak 10-35 persen dari kalori harian.

Satu gram protein menyediakan 4 kalori. Artinya, seseorang yang mengonsumsi 2.000 kalori per hari perlu mengonsumsi antara 50 hingga 175 gram protein per hari.

Namun, pada orang yang mencoba membentuk otot membutuhkan protein lebih banyak.

Selain itu, waktu konsumsi protein juga penting. Mengonsumsi protein setelah berolahraga membantu memperbaiki dan membangun kembali otot.

"Anda harus mengonsumsi 20 hingga 40 gram protein dalam waktu 30 menit setelah berolahraga," tambah Rimbawan.

Baca juga: Apa yang Terjadi jika Tubuh Kekurangan Protein?

Manfaat protein

Ada tiga manfaat utama protein, pertama adalah membantu kita merasa kenyang lebih lama.

"Konsumsi protein dapat sangat bermanfaat karena membantu merasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak. Dan, jika Anda mencoba mengurangi camilan yang tidak sehat, carilah pilihan yang lebih tinggi protein," saran Prof.Rimbawan.

Fungsi kedua adalah meningkatkan metabolisme yang dapat membantu membakar kalori lebih efisien dan penting bagi siapa pun yang mencoba mengubah komposisi tubuh mereka. Protein ketika dikonsumsi sepanjang hari, juga dapat membantu mempertahankan massa otot.

Terakhir adalah membantu pemulihan dan pertumbuhan otot. Yang terpenting adalah mengonsumsi protein kuliatas tinggi, yang antara lain terdapat dalam makanan berbasis protein hewani seperti daging ayam tanpa lemak, daging sapi, ikan, telur, hingga produk susu.

Herbalife meluncurkan kampanye "Minum 2x Shake Tiap Hari" yang bertujuan untuk memberikan edukasi masyarakat tentang pentingnya protein, mendorong masyarakat untuk mengonsumsi lebih banyak sebagai bagian dari memenuhi kebutuhan nutrisi yang seimbang, dan mendukung pengelolaan berat badan.

Baca juga: Catat Waktu Terbaik Konsumsi Protein untuk Tingkatkan Pertumbuhan Otot

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau