Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jagung Bisa Mengobati Apa Saja? Berikut 6 Daftarnya…

Kompas.com - 19/08/2024, 09:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Jagung tidak hanya enak dan mengenyangkan karena juga bisa mendukung kesehatan tubuh. Lalu, jagung bisa mengobati apa saja?

Ternyata, jagung yang dikonsumsi secara rutin bisa membantu untuk mengatasi sembelit, prostatitis, dan menurunkan gula darah tinggi.

Meskipun bermanfaat untuk kesehatan, jumlahnya perlu dibatasi, atau tidak lebih dari tiga buah jagung berukuran sedang per hari, atau sesuai dengan anjuran dokter.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa masalah kesehatan yang bisa dikurangi gejalanya atau disembuhkan sebagai manfaat dari jagung berikut ini.

Baca juga: Apakah Jagung Bisa Menurunkan Gula Darah? Berikut Penjelasannya…

Jagung bisa mengobati apa saja?

Jagung ternyata bisa mengurangi gejala atau menyembuhkan beberapa gangguan kesehatan, seperti sembelit, prostatitis, dan gula darah tinggi.

Disarikan dari Eating Well dan WebMD, berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa dikurangi gejalanya atau disembuhkan sebagai manfaat dari jagung yang perlu diketahui.

  • Gangguan pencernaan

Jagung memiliki kandungan serat larut yang tinggi sehingga bisa mengatasi beberapa gangguan pencernaan, seperti sembelit.

Jagung juga memiliki kandungan prebiotik yang bisa memberikan nutrisi pada bakteri baik di dalam usus sehingga kesehatan saluran pencernaan akan tetap terjaga.

  • Gula darah tinggi

Jagung memiliki kandungan gula alami yang rendah, atau sekitar 4 gram saja untuk jagung yang berukuran sedang.

Selain cenderung aman untuk penderita diabetes, jagung juga memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga bisa mencegah peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh.

Baca juga: Apa Manfaat Makan Sayuran Setiap Hari? Berikut 10 Daftarnya…


  • Prostatitis

Jagung memiliki kandungan antioksidan alami yang disebut dengan quercetin.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kandungan jagung ini memiliki peran penting untuk mengatasi prostatitis, inflamasi prostat yang kerap dialami oleh pria.

  • Alzheimer dan demensia

Kandungan quercetin pada jagung juga memiliki manfaat positif pada kesehatan sel neuron dan mengurangi respons inflamasi pada otak.

Manfaat jagung bagi kesehatan tubuh ini dipercaya bisa mengurangi gejala demensia dan Alzheimer. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfaatnya secara pasti.

Baca juga: 9 Buah dan Sayuran untuk Menurunkan Gula Darah, Ada Apel dan Brokoli

  • Berat badan berlebih

Jagung memiliki kandungan serat sebanyak hampir 3 gram yang bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga kecenderungan untuk makan secara berlebihan bisa berkurang.

Jagung juga memiliki kandungan pati resisten, pati yang tidak mudah dicerna atau dipecah oleh enzim amilase, sehingga akan berdampak positif pada penurunan berat badan.

Memahami jagung bisa mengobati apa saja sangatlah penting sehingga Anda bisa mulai mengonsumsinya secara rutin.

Meskipun umumnya aman dan tidak akan berdampak negatif untuk kesehatan, jagung memiliki kandungan gula alami yang mungkin bisa meningkatkan kadar gula darah jika dikonsumsi secara berlebihan, khususnya pada penderita diabetes dan gula darah tinggi.

Untuk itu, Anda diimbau untuk menghindari atau membatasi kebiasaan makan jagung setiap hari sehingga tidak lebih dari 3 buah jagung berukuran sedang, atau sesuai dengan anjuran dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau