Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Jarak Jauh Bali-Jakarta dengan Robot Sukses Dilakukan Pada Pasien Kista Ginjal

Kompas.com - 31/08/2024, 15:08 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Operasi jarak jauh menggunakan robot (telerobotik) sukses dilakukan oleh dokter di Bali kepada pasien yang berada di Jakarta, Jumat (30/8/2024). 

Operasi tersebut dikendalikan oleh dokter ahli urologi dari Rumah Sakit I.G.N.G Ngoerah Rai Bali untuk menangani pasien kista ginjal yang dirawat di RSCM Jakarta.

Operasi yang dipisahkan jarak 1.200 kilometer antara Bali-Jakarta ini memanfaatkan teknologi jaringan nirkabel sehingga dokter bedah dapat melakukan tindakan operasi secara jarak jauh dan real-time.

Baca juga: Berapa Lama Penyembuhan Setelah Operasi Batu Ginjal?

Tim dokter RS I.G.N.G Ngoerah Rai Bali mengendalikan operasi secara jarak jauh untuk pasien kista ginjal di RSCM JakartaUrological Association of Asia (UAA) Tim dokter RS I.G.N.G Ngoerah Rai Bali mengendalikan operasi secara jarak jauh untuk pasien kista ginjal di RSCM Jakarta
Dokter yang menjalankan prosedur bedah telerobotik ini, yaitu Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD; Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD; Prof. dr.Chaidir A. Mochtar, SpUK-Onk), Ph.D; Prof. Dr. dr. Gede Wirya Kusuma Duarsa, M.Kes, MARS,SpU(K-Ped), FICS; dr. I Wayan Yudiana, Sp.U(K-Onk), Komite Urogical Association of Asia (UAA) 2024; dan dr. Fakhri Rahman, SpU(K), FICS, Komite UAA 2024.

Didukung juga oleh dokter anestesi yaitu dr. Raihanita Zahra, SpAn-TI, Subsp.An.Ped.(K) dan dr. R Besthadi Sukmono,SpAn-TI, Subsp.An.R(K).

Keberhasilan operasi telerobotik ini juga menandai langkah besar dalam transformasi kesehatan di Indonesia dan ke depannya tindakan ini dapat mengatasi keterbatasan di bidang bedah.

"Ini jadi yang istimewa karena di Asia Tenggara baru pertama dilakukan pada manusia yang telerobotik, di Thailand dan Singapura pernah dilakukan, tapi dengan manekin," kata Direktur Utama RSCM dr. Supriyanto Sp.B, FINACS, M.Kes, dalam konferensi pers live telerobotic surgery di RSCM, Jumat (30/8/2024).

Baca juga: Mengembalikan Mata Minus Jadi Normal Tanpa Operasi

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Tim Telerobotik Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K-Andro), PhD, mengatakan bahwa operasi ini menjadi momen bersejarah untuk dunia kedokteran di Indonesia karena merupakan telerobotic surgery pertama yang dilakukan oleh anak bangsa,

Ponco menjelaskan, sebelum tindakan operasi jarak jauh dengan robot kepada pasien di RSCM dilakukan, para ahli urologi telah melakukan uji coba dengan menggunakan alat peraga atau manekin untuk memastikan keamanannya.

“Tentunya pada persiapan yang telah kami lakukan, kami juga menyiapkan antisipasi untuk kejadian yang tidak diinginkan, termasuk bila harus terjadi konversi tindakan dari telerobotik menjadi laparaskopi. Kami tentu akan berfokus pada keselamatan pasien,” imbuhnya.

Ponco kemudian mengatakan bahwa syarat utama operasi jarak jauh adalah latency time kurang dari 150 mS, kecepatan internet diatas 50mbps dan jitter < 10 mS. Itu sebabnya, dukungan pengadaan jaringan internet yang stabil juga diperlukan untuk mendukung proses telerobotic surgery.

Baca juga: Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum Operasi

Ketua Robomedisia (Perkumpulan Robotik Medik Indonesia) Prof. dr. Agus Rizal Ardy Hariandy Hamid, SpU(K-Onk), FICRS, PhD, menekankan, operasi secara jarak jauh menggunakan robot juga memungkinkan kolaborasi dokter dari berbagai spesialistik secara sekaligus, meningkatkan akurasi operasi, mengurangi risiko infeksi, serta meminimalisir perpindahan pasien karena mereka tidak perlu lagi menempuh jarak jauh untuk melakukan operasi.

Tak hanya masalah urologi, operasi telerobotik nantinya dapat diaplikasikan dalam bedah digestif atau saluran cerna, bedah torak, serta bedah onkologi.

Dengan begitu, teknologi ini dapat mengatasi permasalahan terkait pemerataan pelayanan kesehatan di Indonesia yang selama ini terkendala geografis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau