Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/09/2024, 14:00 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Jika kamu belum pernah mengalami ambeien, beruntunglah. Sebaliknya, jika pernah maka kamu pasti tahu rasa tidak nyaman dan juga nyeri pada gangguan saluran cerna ini.

Memiliki gejala berupa rasa nyeri, iritasi, dan terkadang ada perdarahan di area anus, ambeien atau hemoroid adalah pembengkakan pembuluh darah vena di anus dan rektum bagian bawah.

Ambeien adalah gangguan kesehatan yang bisa diobati, tetapi kita juga bisa mencegahnya. Salah satunya dengan menghindari kebiasaan di toilet yang tanpa disadari bisa membuat kita rentan ambeien.

Menurut dokter spesialis saluran cerna David L.Schwarzbaum, kebiasaan yang harus dihindari adalah duduk berlama-lama di toilet.

"Saat kita meletakkan bokong di dudukan toilet, darah akan terkumpul di titik terendah dan menyebabkan peningkatan tekanan pada pembuluh darah di anus, yang menyebabkan wasir," katanya.

Baca juga: Apa yang Harus Dilakukan Jika Susah BAB? Berikut 8 Caranya…

Ia menjelaskan, ambeien adalah pembesaran pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Pembesaran ini menyebabkan gejala-gejala tak nyaman saat membesar atau meradang.

Selain itu, kebiasaan duduk terlalu lama juga menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar.

"Duduk dalam waktu lama akan mengganggu aliran darah dari dan menuju area rektum, menyebabkan darah berkumpul dan pembuluh darah bengkak," kata dokter spesialis pencernaan Prasun Shah.

Tak cuma itu, saat kita mengejan terlalu keras juga dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah bagian rektal yang akhirnya memicu wasir.

"Saya sering menyarankan pada pasien saya agar saat ada keinginan buang air besar, jangan mengejan. Dan jika mereka tidak dapat buang air besar saat itu, bangunlah dan coba lagi lain waktu saat mereka merasakan keinginan itu lagi," kata Schwarzbaum.

Lantas berapa lama waktu yang ideal untuk duduk di toilet dan menunggu BAB?

Menurut Schwarzbaum, tunggulah 10-15 menit lalu segeralah bangkit jika belum berhasil juga. Ia juga menyebut agar kita menghindari kebiasaan melihat-lihat ponsel saat di toilet.

Baca juga: 5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Menderita Ambeien

Untuk mencegah ambeien, jangan lupa untuk minum cukup air, konsumsi makanan tinggi serat, dan berolahraga. Gaya hidup tersebut efektif untuk mencegah sulit BAB.

"Semua dimulai dari pola makan yang sehat, terpenting cukup konsumsi serat 25-30 gram setiap hari dan minum cukup air," katanya.

Jika hal itu belum cukup, tak ada salahnya sesekali mengonsumsi obat pelunak tinja atau laxatives.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau