Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rebusan Daun Kelor untuk Penyakit Apa Saja? Berikut 8 Daftarnya…

Kompas.com - 24/10/2024, 20:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Daun kelor yang direbus dan diminum airnya bisa bermanfaat untuk mengatasi atau mengurangi gejala beberapa penyakit. Lalu, rebusan daun kelor untuk penyakit apa saja?

Beberapa jenis penyakit yang bisa diobati atau diringankan gejalanya dengan minum air rebusan daun kelor, yakni inflamasi, beberapa jenis kanker, gula darah tinggi, dan infeksi.

Meskipun begitu, daun kelor tidak bisa menjadi satu-satunya obat yang digunakan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut karena pengobatan atau perawatan medis mungkin tetap diperlukan.

Untuk lebih jelasnya, ketahui beberapa khasiat daun kelor untuk kesehatan berikut ini.

Baca juga: Apakah Daun Kelor Bisa Menurunkan Gula Darah? Ini Penjelasannya…

Rebusan daun kelor untuk penyakit apa saja?

Rebusan daun kelor bisa menyembuhkan atau mengurangi gejala beberapa jenis penyakit, seperti kanker, inflamasi, gula darah tinggi, dan infeksi.

Pasalnya, daun kelor memiliki kandungan nutrisi esensial yang bisa mendukung kesehatan tubuh, seperti vitamin A, B1, B2, B3, C, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan fosfor.

Disarikan dari WebMD dan Everyday Health, berikut adalah beberapa manfaat rebusan daun kelor untuk kesehatan yang perlu diketahui.

  • Inflamasi

Daun kelor memiliki kandungan antioksidan, seperti karotenoid, flavonoid, dan phenol, yang berguna untuk melawan efek buruk radikal bebas sehingga inflamasi di dalam tubuh berkurang.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor miliki potensi yang besar untuk mengatasi gangguan inflamasi, seperti peradangan pada dinding rahim, sakit kepala, dan bronkitis.

Baca juga: Apa Manfaat Minum Air Rebusan Daun Kelor? Berikut 8 Daftarnya…

  • Nyeri sendi

Kandungan antiinflamasi pada daun kelor dapat mengurangi gejala nyeri sendi.

Bahkan, kandungan di dalamnya dapat mengurangi penumpukan cairan di bagian bawah tubuh, atau edema, kemerahan, dan nyeri.

  • Gula darah tinggi

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun kelor memiliki protein alami yang bekerja seperti insulin sehingga berguna untuk menurunkan gula darah tinggi.

Kandungan zat kimia pada daun kelor dapat membantu tubuh untuk memproses gula dengan lebih baik dan berdampak positif terhadap bagaimana tubuh memproduksi insulin.

  • Kolesterol tinggi

Minum air rebusan daun kelor setiap hari bisa mendukung kesehatan jantung dengan beberapa cara.

Selain mengurangi inflamasi, kandungan daun kelor juga bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi sehingga jantung tetap sehat.

Baca juga: Apakah Boleh Mengonsumsi Daun Kelor Setiap Hari? Ini Penjelasannya…

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau