Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Efek Minum Kopi Gula Aren Setiap Hari? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 25/10/2024, 06:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Budaya ngopi sudah menjamur sejak lama. Seiring dengan hal ini, varian menu kopi pun semakin bertambah. Saat ini, kopi gula aren menjadi menu kopi yang banyak disukai masyarakat.

Popularitas kopi gula aren salah satunya karena memiliki perpaduan rasa pahit dari kopi, manis legit gula aren, sekaligus creamy dan gurih karena mengandung susu dan sering diberi tambahan krimer.

Baca juga: Kenapa Kopi Hitam Lebih Sehat? Berikut 10 Alasannya...

Minum kopi gula aren bisa memberi efek positif bagi tubuh karena kandungan antioksidannya. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan bisa mengakibatkan dampak yang kurang bagus.

Baca lebih lanjut untuk mengetahui macam-macam efek minum kopi gula aren.

Apa efek minum kopi gula aren setiap hari?

Bicara mengenai kopi, minuman ini sebenarnya memiliki beragam senyawa antioksidan, seperti kalium, magnesium, dan vitamin B2 yang bagus untuk tubuh.

Senyawa antioksidan pada kopi penting untuk menangkal paparan radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Kopi juga mengandung kafein, zat stimulan yang dapat membantu mengontrol berat badan, mendukung fungsi kognitif dan daya ingat, dan mengurangi risiko penyakit diabetes serta masalah kardiovaskular.

Seperti kopi, gula aren atau palm sugar juga mengandung vitamin dan mineral, seperti kalium, fosfor, zink, dan zat besi.

Pemanis alami yang dibuat dari nira pohon aren ini juga kaya antioksidan, seperti polifenol. Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers of Nutrition, polifenol berpotensi melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti stroke, diabetes melitus, hingga kanker.

Baca juga: Apakah Boleh Minum Kopi Habis Bangun Tidur? Ini Penjelasannya...

Kemudian, indeks glikemik gula aren yaitu 35 sehingga lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan gula pasir yang indeks glikemiknya 65, karena tidak menyebabkan kenaikan gula darah secara signifikan.

Walaupun perpaduan kopi dan gula aren berpotensi memberikan asupan gizi yang baik untuk tubuh, Anda tidak dianjurkan mengonsumsi minuman ini setiap hari atau secara berlebihan.

Minum kopi gula aren setiap hari bisa menimbulkan efek yang kurang baik untuk tubuh. Dampak buruk terjadi karena kafein pada kopi bisa menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Selain itu, gula aren walaupun merupakan pemanis alami tetap bisa memicu gula darah tinggi.

Kopi gula aren juga mengandung susu dan krimer kental manis yang menyebabkan gula darah dan kalori naik.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa efek samping minum kopi gula aren setiap hari:

  • Memicu gangguan pencernaan, seperti sakit perut, kembung, mual, kenaikan asam lambung, dan kram
  • Sering buang air kecil sehingga memicu dehidrasi
  • Menyebabkan susah tidur dan mengganggu kualitas tidur
  • Mengakibatkan stres dan kecemasan karena kafein mendorong pelepasan hormon stres dalam jumlah tinggi
  • Menyebabkan kenaikan berat badan
  • Meningkatkan risiko diabetes.

Baca juga: Apakah Kopi Berbahaya Bagi Jantung? Berikut Penjelasannya...

Dengan mengetahui efek minum kopi gula aren setiap hari, Anda dapat membatasi konsumsi minuman ini 1-2 kali dalam seminggu atau disesuaikan dengan kondisi tubuh atau saran dari ahli (dokter atau ahli gizi).

Kemudian, Anda bisa mengurangi makanan manis ketika minum kopi gula aren untuk meminimalkan risiko efek sampingnya. Pastikan pula untuk selalu mendapat asupan bergizi dan seimbang dan melakukan aktivitas fisik demi menjaga kesehatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau