Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasca Melahirkan, Kapan Boleh Mulai Olahraga?

Kompas.com - 30/12/2009, 08:51 WIB

KOMPAS.com - Setelah melahirkan normal ibu bisa segera melakukan olahraga ringan. Bagi ibu yang melahirkan secara sesar, olahraga ringan dapat dilakukan setelah 10 hari persalinan atau setelah luka membaik. Mulailah dengan gerakan-gerakan olahraga yang lambat, terutama bila Anda tidak banyak berolahraga sewaktu hamil.

Pilih berjalan-jalan dahulu sebagai permulaan program, misalnya di pagi hari. Jalan kaki membuat peredaran darah berjalan dengan baik. Berjalan kaki memang merupakan olahraga yang praktis, murah, dan sederhana serta bisa di lakukan di mana pun. Kegiatan ini mampu membakar sebanyak 120-180 kalori. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya melakukannya secara kontinyu selama 15-30 menit.

Berjalanlah dengan santai, dan berhenti jika jahitan bekas melahirkan terasa sakit. Selain itu, kala berjalan, jalan lupa untuk bernapas dengan teratur agar tidak mudah lelah. Perlahan-lahan tingkatkan program olahraga tidak hanya berjalan kaki, misalnya senam.

Olahraga selalu dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, di sisi lain ibu pascamelahirkan memang disarankan tidak berolahraga terlalu banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com