Sabtu, 22 November 2014 09:45

Pasca Melahirkan, Kapan Boleh Mulai Olahraga?

Rabu, 30 Desember 2009 | 08:51 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:
shutterstock

KOMPAS.com - Setelah melahirkan normal ibu bisa segera melakukan olahraga ringan. Bagi ibu yang melahirkan secara sesar, olahraga ringan dapat dilakukan setelah 10 hari persalinan atau setelah luka membaik. Mulailah dengan gerakan-gerakan olahraga yang lambat, terutama bila Anda tidak banyak berolahraga sewaktu hamil.

Pilih berjalan-jalan dahulu sebagai permulaan program, misalnya di pagi hari. Jalan kaki membuat peredaran darah berjalan dengan baik. Berjalan kaki memang merupakan olahraga yang praktis, murah, dan sederhana serta bisa di lakukan di mana pun. Kegiatan ini mampu membakar sebanyak 120-180 kalori. Agar mendapatkan hasil yang optimal, sebaiknya melakukannya secara kontinyu selama 15-30 menit.

Berjalanlah dengan santai, dan berhenti jika jahitan bekas melahirkan terasa sakit. Selain itu, kala berjalan, jalan lupa untuk bernapas dengan teratur agar tidak mudah lelah. Perlahan-lahan tingkatkan program olahraga tidak hanya berjalan kaki, misalnya senam.

Olahraga selalu dimulai dengan pemanasan dan diakhiri dengan pendinginan. Sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan, di sisi lain ibu pascamelahirkan memang disarankan tidak berolahraga terlalu banyak.


Sumber :
Tabloid Nakita
Editor :
Anna

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui