Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lidah Bersih Bebas Bau Mulut

Kompas.com - 02/11/2010, 15:36 WIB

Kompas.com - Tahukah Anda bahwa di dalam mulut kita berkeliaran 100 jenis bakteri penyebab bau mulut. Pertumbuhan kuman berlebihan dalam mulut juga bisa menyebabkan perubahan warna pada lidah karena lidah menjadi tempat yang disukai mereka untuk berdiam diri.

Itu sebabnya, setelah menyikat gigi tuntaskan dengan membersihkan lidah menggunakan tounge scrapper atau sikat gigi. Sikat lidah secara perlahan untuk menyingkirkan sel-sel mati. Menggosok dengan keras hanya akan membuat lidah Anda terluka.

Cara lain untuk menjaga kesegaran mulut adalah berkumur menggunakan mouthwash. Bila dilakukan secara benar, cairan mouthwash akan membantu membersihkan bagian-bagian yang tidak sanggup dijangkau oleh sikat gigi Anda, hingga ke rongga mulut. Berkumur dengan mouthwash juga disarankan setelah Anda menggunakan obat yang dihirup (inhalasi).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com