Minggu, 24 Mei 2015

Health

KONSULTASI PENYAKIT DALAM Dr Irsyal Rusad., Sp PD., MH
Spesialis Penyakit Dalam Lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada. Anggota Persatuan Ahli Penyakit Dalam Infonesia ( PAPDI) dan Pengurus PAPDI Cabang Riau. Berminat dalam bidang Healthy Life, Healthy Aging, dan Diabetes Mellitus

Kencing 30 Kali Sehari, Penyakit Apakah?

Senin, 4 April 2011 | 10:22 WIB

TANYA :

Terima kasih dokter sebelumnya.  Saya terlalu sering buang air kecil. Setiap hari bisa mencapai 30 kali dan kalau saya tahan, maka perut bagian bawah saya terasa sakit, dan saya juga sering mengalami keluhan tentang perut saya.

Namun saya pikir, saya turun perut, seperti ada yang ganjil yang saya rasakan setiap hari. Sulit Dok bilangnya, Dok gejala penyakit apakah yang saya alami ini, Tolong dijawab ya Dok.. Terima kasih.

Husni 37, Medan

 

JAWAB :

Pak Husni yang berada di Medan, agak sulit ya untuk mengatakan penyakit apa yang anda alami. Karena, gejala penyakit yang anda alami tidak bisa dideskripsikan dengan detail, sehingga saya harus menerka-nerka kemungkinan apa yang anda alami.

Menurut pendapat saya, temuilah dokter anda, ataupun dokter bagian saluran kemih untuk dapat dilakukan pemeriksaan menyeluruh termasuk evaluasi laboratorium seperti pemeriksaan kencing / urin dan sangat mungkin dalam kasus anda. Diperlukan pemeriksaan penunjang, seperti ultrasonografi (USG) misalnya, atau pemeriksaan lainnya, untuk melihat apakah ada kelainan struktur organ atau kelainan fungsi organ di perut anda.

Mungkin saja yang anda alami merupakan infeksi saluran kemih yang bisa menyebabkan berkemih menjadi lebih sering. Selain itu, bisa juga ada batu di saluran kemih. Diabetes mellitus atau disebut juga sakit kencing manis yang juga bisa menyebabkan seringnya berkemih ataupun tumor.

Jadi, jangan tunda untuk segera menemui dokter anda agar dilakukan pemeriksaan baik dari gejala maupun pemeriksaan fisik anda dengan lebih seksama, mengingat anda sendiri susah untuk mendiskripsikan apa yang anda rasakan.

Editor : Asep Candra

FORM KONSULTASI

Tahun
Cm
Kg
Incorrect please try again
ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat