Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia MDGs Awards Diluncurkan

Kompas.com - 13/10/2011, 06:20 WIB

Jakarta, Kompas - Guna lebih mengenalkan dan memotivasi para pemangku kepentingan terhadap upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium atau MDGs, Kantor Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs menyelenggarakan ”Indonesia MDG Awards” mulai 2011 ini.

”IMA (Indonesia MDGs Awards) bagian dari upaya percepatan pencapaian MDGs di Indonesia,” kata Prof Nila F Moeloek, Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, di depan wartawan di Jakarta, Rabu (12/10).

Peserta IMA 2011—yang bertema ”Beraksi untuk Negeri” —diharapkan datang dari pemerintah kabupaten dan kotamadya (jumlahnya 497), juga dari sektor swasta, organisasi masyarakat madani dan pemuda, yang tergerak memperlihatkan keberhasilan pembangunan sesuai delapan butir MDGs. Tema di atas diambil, lanjut Nila, karena kini sudah tiba saatnya semua pihak beraksi mewujudkan rencana yang telah disusun tahun-tahun sebelumnya (MDGs diluncurkan dalam KTT Milenium di Markas Besar PBB, September 2000).

Dewan Juri yang terdiri atas pejabat, profesional, dan ahli di bidang masing-masing diharapkan menghasilkan penilaian komprehensif guna memberi pengakuan terhadap praktik cerdas yang telah dilakukan peserta.

Ketua Panitia IMA 2011, Diah Saminarsih, menjelaskan, penghargaan akan diberikan untuk empat kategori, yakni nutrisi, pendidikan, akses air minum layak dan sanitasi dasar, kesehatan ibu dan anak, serta HIV/AIDS dan penyakit menular lain.

Proses penilaian yang akan dimulai bulan November 2011 akan berpuncak pada pemberian Penghargaan IMA di Jakarta, minggu ketiga bulan Januari 2012. (NIN)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com