Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bebaskan Stres dengan Meditasi

Kompas.com - 04/11/2011, 11:13 WIB

KOMPAS.com - Meditasi merupakan praktik relaksasi yang melibatkan pengosongan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari.

Sebuah riset terbaru menunjukkan, meditasi mindfulness (meditasi kesadaran) mempunyai efektivitas dalam memerangi stres dan meningkatkan kualitas hidup. Penelitian ini telah dipublikasikan dalam edisi terbaru  jurnal Perspectives on Psychological Science.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Britta Holzel, psikolog dari Massachusetts General Hospital, meditasi mindfulness  memiliki manfaat untuk kesehatan dan kinerja, termasuk peningkatan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan fungsi kognitif.

Untuk memahami mekanisme dari kesadaran, Holzel dan rekan menemukan bahwa apa yang dianggap sebagai kesadaran adalah praktik multi-faceted mental yang meliputi beberapa mekanisme bukannya kemampuan tunggal.

Para penulis studi secara khusus mengidentifikasi empat komponen kunci dari kesadaran yang menjelaskan efek : pengaturan perhatian, kesadaran tubuh, pengaturan emosi, dan kesadaran diri. Hasilnya, komponen tersebut secara bersama-sama ternyata mampu membantu mengatasi masalah gangguan mental dan psikologis akibat stres.

Holzel mengatakan, meskipun komponen ini secara teoretis berbeda, namun mereka punya keterkaitan satu sama lain, begitupula dengan pengaruhnya terhadap mekanisme kerja otak.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com