Sabtu, 1 November 2014 20:11

KONSULTASI / ANAK - ARTIKEL

KONSULTASI ANAK

Bersama Dr.Rifan Fauzie, SpA

Dokter Spesialis Anak di Kelompok Kerja Respirologi Anak, Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta. 

Penanganan Balita Terlambat Bicara

Senin, 28 November 2011 | 11:35 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

TANYA:
 
Dok, anak saya sudah berumur 2 tahun 4 bulan tetapi kemampuan bahasanya belum jelas. Anaknya suka sekali bernyanyi dengan bahasa tarzan, suka berlari-lari (motoriknya lincah) dan berteriak. Kami sudah periksakan ke 2 dokter ahli tumbuh kembang, tapi hanya disarankan untuk dilatih bicara secara rutin, dan sudah kami lakukan. Bahkan kami sudah terapi wicara, tapi hasilnya kurang bagus.
 
Untuk diketahui, kami kerja dari jam 8 pagi-5 sore. Selama itu, anak bersama pembantu (pembantu sudah ganti sampai 4 kali). Mohon bantuannya untuk menjelaskan apa yang harus kami lakukan untuk mengembangkan kemampuan bicara anak.
 
Harsono, Tangerang

JAWAB :
Bapak Harsono yang baik,
Tampaknya si kecil mengalami keterlambatan berbicara (delayed speech), suatu kondisi yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kelainan/gangguan fungsi pendengaran, keterlambatan mental, gangguan sistem neurologi/sistem saraf pusat tertentu yang berat, gangguan perkembangan seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), autism, stimulasi yang kurang, pola asuh yang salah dan sebagainya.

Sudah barang tentu harus dipastikan terlebih dulu apakah fungsi pendengarannya normal, yaitu dengan memeriksakan fungsi tersebut dengan beberapa cara seperti BERA (Brainstem Evoked Response Audiometry), yang dapat menilai apakah ada gangguan/tuli pada telinganya sehingga ia tidak dapat mendengar stimulasi suara di sekitarnya.

Bila terbukti normal maka perlu dilanjutkan evaluasi terhadapnya secara komprehensif. Pola asuh yang salah, seperti seringkali menonton TV dapat pula menyebabkan kondisi tersebut, karena TV adalah stimulasi yang hanya bersifat 1 arah, tidak merangsangnya berlatih secara aktif untuk berkomunikasi secara aktif.

Sebaiknya penilaian-penilaian tersebut harus dilakukan secara komprehensif, karena terapi wicara yang dilakukan selama ini tentunya bukan merupakan solusi satu-satunya sebelum ditentukan terlebih dahulu penyebab pasti dari keterlambatan bicaranya tersebut.

 


Editor :
Lusia Kus Anna
Tahun

Cm    Kg
Laki-laki    Perempuan


Incorrect please try again

ReLoad

Hanya pertanyaan-pertanyaan terpilih yang akan dimuat


IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui