Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Paksa Anak Jadi Gemuk

Kompas.com - 30/03/2012, 18:24 WIB

DENPASAR, KOMPAS.com - Sebagian orang tua menginginkan anaknya gemuk dengan memberi makanan berlebih karena akan terlihat lucu dan menggemaskan. Namun, tindakan ini salah karena kelak anak tersebut beresiko mengidap penyakit jantung dan stroke.

"Penyakit jantung dan stroke umumnya menyerang manusia saat berumur 40 tahun ke atas. Penyebabnya seringkali sudah dimulai sejak pasien tersebut masih anak-anak," kata Ketua Ikatan Keseminatan Kardioserebraovaskular Indonesia (IKKI) Lukman Hakim Makmun, Jumat (30/3) di Denpasar, Bali.

Oleh karena itu, sejak dini anak-anak harus diberi makanan yang sehat dengan pola teratur dan tidak berlebih untuk mencegah penumpukan plak kolesterol dalam pembuluh darah.

Serangan jantung dan stroke ini disebabkan oleh gejala asterosklerosis. Asterosklerosis ini merupakan proses penumpukan plak kolesterol yang diendapkan pada dinding-dinding pembuluh darah arteri. Akibatnya, dinding arteri mengeras dan menyempit. Kondisi ini menyebabkan darah tidak dapat mengalir ke organ penting seperti jantung (serangan jantung) dan otak (stroke).

Lukman mengingatkan bahwa ancaman serangan jantung dan stroke di Indonesia semakin tinggi. Penyakit ini terutama dipicu oleh gaya hidup yang tidak sehat serta stres.

Oleh karena itu, pada 30-31 Maret 2012 ini, IKKI mengadakan acara "Post Satellite Meeting International Symposium on Atherosclerosis 2012 in conjuction with 11th Holistic Approach in Cardiovascular Disease Symposium" di Denpasar, Bali. Acara ini khusus membahas perkembangan terakhir tatalaksana dan pencegahan penyakit kardioserebrovaskular (jantung, otak, dan pembuluh darah).

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com