Kamis, 28 Mei 2015

Health

"Facial" Aman untuk Wajah Berjerawat

Kamis, 26 April 2012 | 09:19 WIB

KOMPAS.com - Facial merupakan salah satu perawatan kecantikan dan kesehatan kulit yang semestinya dilakukan secara berkala. Setidaknya facial dilakukan rutin dua kali dalam sebulan. Fungsinya untuk membersihkan wajah dari komedo (sumbatan di kelenjar minyak) agar tak memicu jerawat.

Perawatan facial idealnya menjadi pencegahan jerawat. Namun saat wajah berjerawat pun sebenarnya facial aman dilakukan, asalkan caranya tepat dan ditangani langsung oleh dokter.

"Facial sebaiknya dilakukan dua minggu sekali atau setiap 14-21 hari sesuai regenerasi kulit. Saat wajah berjerawat, facial juga bisa dilakukan tapi ada tahapan yang dihilangkan yakni massage," jelas Dr Sri Hartanti, Cosmetologist Ristra kepada Kompas Female di sela pembukaan Ristra Skin Expert di Pondok Indah Mall, Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Menurut dr Tanti, pijatan pada wajah saat facial sebenarnya bertujuan memperlancar aliran darah. Jika pijatan dilakukan saat facial pada wajah berjerawat, hal ini justru akan merangsang dan membuat jerawat lebih aktif.

Ketika wajah berjerawat, tahapan facial yang aman dilakukan di antaranya cleansing, scrub, pembersihan komedo, facelifting, dan masker. Dr Tanti menambahkan, facial atau perawatan apa pun untuk kulit berjerawat sebaiknya ditangani langsung oleh dokter ahli bukan beautician.

Editor : wawa