Kamis, 23 Oktober 2014 12:56
Caring by Sharing | Kompas.com

LIFESTYLE / FITNES - ARTIKEL

5 Langkah Mudah Gapai Panjang Usia

Penulis : Lusia Kus Anna | Rabu, 25 Juli 2012 | 14:32 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

Kompas.com - Nasehat standar untuk mendapatkan hidup sehat dan panjang usia biasanya berkisar pada gaya hidup sehat yang bisa menjadi sulit untuk mereka yang punya kebiasaan kurang sehat seperti merokok dan malas olahraga.

Pada dasarnya tidak ada yang salah dengan nasehat-nasehat tersebut, tetapi sebenarnya ada kiat yang lebih spesifik dan sederhana untuk hidup sehat dan panjang umur.

Bergeraklah
Untuk mereka yang karena pekerjaannya harus duduk dalam jangka waktu lama, mengubah kebiasaan itu akan berdampak besar. Meski banyak berada di belakang meja, jagalah sikap tubuh untuk menghindari nyeri punggung. Selain itu ambilah waktu jeda setiap dua jam untuk berjalan-jalan dan menghirup udara segar.

Minum kopi
Kandungan kafein dalam kopi memang menyebabkan efek negatif pada sebagian orang. Tetapi beberapa riset terbaru mengungkapkan bahwa secara umum kopi tidak berbahaya. Salah satu penelitian yang dimuat dalam New England Journal of Medicine menyebutkan para peminum kopi beresiko lebih rendah menderita penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Tambahkan serat
Pola makan tinggi serat diketahui mengurangi risiko kematian. Selain memperbanyak asupan sayur dan buah, ganti kesukaan Anda akan roti putih atau nasi putih dengan roti serelia utuh atau beras merah.

Batasi lemak
Lemak di sini adalah lemak jahat. Bagaimana pun tubuh memerlukan lemak untuk menjalankan fungsinya. Salah satu lemak baik yang dianjurkan adalah lemak nabati yang berasal dari kacang-kacangan atau alpukat.

Rajin jalan kaki
Bisakah jalan kaki memperpanjang usia? Penelitian di tahun 2006 menunjukkan orang yang sering berjalan kaki hidup enam tahun lebih lama dibanding mereka yang banyak duduk. Penelitian lain menunjukkan orang yang berjalannya cepat pada umumnya lebih sehat.

 


Sumber :
LiveScience

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui