Selasa, 23 Desember 2014 02:55

Latihan Kekuatan Tulang Punggung dan Perut

Penulis : Christina Andhika Setyanti | Kamis, 16 Agustus 2012 | 18:46 WIB
Dibaca: -
Komentar: -
|
Share:

KOMPAS.com - Untuk mendukung kelancaran aktivitas, kekuatan tulang punggung dan perut sangat dibutuhkan. Cathy Sassin, pelatih kebugaran, mengungkapkan bahwa kekuatan tulang punggung dan perut bisa dilatih melalui olahraga dengan tambahan bola beban. Berikut beberapa langkah untuk melatih kekuatan tulang punggung dan perut.

1. Ball squat with knee lift
Target: Paha belakang, paha depan, dada dan bahu.
Yang harus dilakukan: Renggangkan kaki selebar bahu, kemudian pegang bola beban di depan dada. Tekuk lutut 90 derajat, tahan selama dua kali hitungan. Kemudian luruskan kaki, angkat kaki kiri sampai setinggi pinggang, sambil meluruskan lengan sampai di atas kepala. Ulangi dari awal untuk kaki satunya.

bs

2. Single-leg lunge
Target: Paha belakang, paha depan
Yang harus dilakukan: Berdirilah dengan satu kaki berada di depan. Tekuk lutut salah satu kaki, dan luruskan kaki lainnya sejajar dengan lantai. Lakukan gerakan tekuk dan lurus kaki depan, sampai membentuk sudut 45 derajat. Ulangi selama 10 kali, dan lakukan hal yang sama untuk kaki lainnya.
sll


3. Push-up with leg lift
Target: dada, paha depan
Yang harus dilakukan: Ambillah posisi push-up kemudian turunkan pinggul sampai menyentuh lantai, dan angkat kaki kanan setinggi sekitar 25 cm. Tekuk siku sampai mendekati dada dan tahan selama dua kali hitungan. Ulangi 10 kali, dan lakukan hal yang sama untuk sisi kaki satunya.
pull

4. Standing leg lift
Target: bokong, paha depan
Yang harus dilakukan: Ambil posisi berdiri, kemudian posisikan kaki selebar bahu. Peganglah bola beban di depan dada, kemudian tekuk siku sedikit. Kemudian geser kaki sambil diangkat sedikit. Tahan dua hitungan dan lakukan hal yang sama untuk bagian lainnya.
slll

5. Bicycle crunch
Target: perut atas, pinggul
Yang harus dilakukan: Duduk sambil menekuk lutut sampai membentuk sudut 90 derajat. Pegang bola beban di depan dada. Kemudian silangkan lutut kiri ke arah siku kanan. Ulangi sebanyak 15 kali dan juga lakukan pada sisi satunya.

 bc






Sumber :
Editor :
Dini

IDEALKAH

BODY MASS INDEX ANDA?


Berat Badan Kg
Tinggi Badan Cm
Usia Tahun
Jenis Kelamin Perempuan Laki-laki
Level Aktivitas
 
  *Ukuran ini tidak bisa diterapkan pada ibu hamil dan menyusui